Dunia  

AS ke China: Anda Sadar Virus Corona Sejak November, Tapi Bohong

Ilustrasi

Halopadang.id – Seorang pejabat tinggi Gedung Putih menyamakan penanganan China terhadap penyebaran virus Corona dengan bencana Chernobyl, Ukraina, Minggu (24/5). Chernobyl merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang harus ditutup pada 1986 akibat kebocoran yang sangat berbahaya hingga sekarang.

“Penutupan yang mereka lakukan terhadap virus ini akan terungkap dalam sejarah, bersama dengan Chernobyl. Kami akan melihat HBO spesial tentang hal itu sepuluh atau 15 tahun dari sekarang,” ujar penasihat keamanan nasional, Robert O’Brien.

O’Brien mengatakan, Beijing mengetahui kondisi terjadi dengan virus Corona yang berasal dari Wuhan. Pemerintah Cina telah menyadari sejak November, tetapi berbohong kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mencegah para pakar luar China untuk mengakses informasi.

“Mereka mengeluarkan virus di dunia yang menghancurkan triliunan dolar dalam kekayaan ekonomi Amerika yang harus kita keluarkan untuk menjaga ekonomi kita tetap hidup, untuk menjaga orang Amerika bertahan selama virus ini,” kata O’Brien pada NBC “Meet the Press”.

O’Brien menekankan, kondisi saat ini adalah masalah nyata dan menelan biaya ribuan, dengan ribuan nyawa di AS dan di seluruh dunia dipertaruhkan. Cina diklaim menahan informasi sebenarnya untuk menyebar keluar. “Itu adalah sebuah rahasia. Dan kita akan sampai pada dasarnya nanti,” kata O’Brien.

Pernyataan O’Brien sejalan dengan tuduhan Presiden AS Donald Trump yang menyalahkan China atas dampak pandemi di negara itu. Dia mengeluh tentang penanganan China terhadap penyebaran virus korona.

China membantah tuduhan yang dilayangkan pemerintah dan diplomat AS. Beijing menuduh AS menyebarkan kebohongan dan menyerang negara itu.(002)