Waspada! Sumbar Berpeluang Diguyur Hujan Lebat

hujan
Ilustrasi hujan

HALOPADANG.ID–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumbar memprakirakan kondisi cuaca di Sumatera Barat dalam beberapa hari ke depan masih berpeluang hujan sedang-lebat.

“BMKG memprakirakan kondisi cuaca masih berpeluang tinggi terjadi hujan sedang hingga lebat yang terjadi pada menjelang sore hingga malam hari dalam beberapa hari ke depan,” ungkap Yudha Nugraha, Kepala seksi observasi dan informasi BMKG Padang Pariaman.

Menyikapi prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap resiko pohon tumbang.

“Mengingat kondisi cuaca ini dapat terjadi hingga 2 hari ke depan, masyarakat diimbau untuk mewaspadai perubahan pola cuaca secara signifikan mengingat potensi cuaca ekstrem lainnya juga masih dapat terjadi seperti angin kencang. Sehingga diimbau untuk menghindari objek yg dapat membahayakan seperti pepohonan lapuk, baleho, dan lain-lain yang beresiko tumbang,” ucap Yudha.

Lebih lanjut Yudha menyebutkan beberapa daerah di Sumbar yang berpeluang mengalami hujan lebat.

“Beberapa daerah juga memiliki peluang hujan lebat seperti di daerah Pasaman Barat, Kep. Mentawai, Limapuluh Kota, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, dan juga Pesisir Selatan,” jelasnya.

Kondisi ini disebutkannya karena adanya pola sirkulasi tertutup di perairan Samudera Hindia serta adanya Siklon Tropis Amphan di dekat perairan Indonesia.

“Hasil analisa kami (BMKG) kondisi cuaca ini terjadi karena adanya pola pembentukan sirkulasi tertutup di perairan Samudera Hindia serta adanya Siklon Tropis Amphan di dekat perairan Indonesia sehingga mempengaruhi peningkatan curah hujan di wilayah pesisir barat Sumatera mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, hingga Bengkulu yang berdampak juga terhadap peningkatan konsentrasi udara basah dan awan-awan hujan di wilayah tersebut,” terang Yudha.

Ia juga menambahkan, suhu udara di Sumatera Barat pada hari ini, Senin (18/5) diprediksi berkisar antara 18 hingga 31 derajat Celcius. Kelembaban udaranya berkisar antara 70 hingga 95 persen.

Lalu kecepatan angin berkisar antara 04 sampai 22 kilometer per jam yang berhembus dari Barat Daya ke Tenggara. (Q-05)