Ini Nama-nama Daerah yang Mendapat Bantuan Rp,1,2 juta per KK di Sumbar

dprd
Ilustrasi

HALOPADANG.ID–Sebanyak tujuh kabupaten/kota dari total 19 kabupaten/kota di Sumbar belum menyerahkan data penerima bantuan Jaring Pengamanan Sosial (JPS). Ketujuh daerah tersebut adalah Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok, Sijunjung, Padang Pariaman, Solok Selatan, Bukittinggi, dan Limapuluh Kota.

Sementara itu, sembilan daerah lainnya, yakni Pesisir Selatan, Dharmasraya, Pasaman, Pasaman Barat, Tanah Datar, Padang, Pariaman, Kota Solok, dan Payakumbuh, telah menyerahkan data warganya. Sedang tiga daerah sisanya, yaitu Padang Panjang, Sawahlunto dan Agam, sudah mulai menyalurkan bantuan sejak Sabtu (2/5) kemarin.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melepas petugas PT Pos Indonesia yang akan menyalurkan bantuan JPS, bertempat di Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu (2/5).

“Tiga daerah yang paling awal melengkapi data dan persyaratannya yaitu Padang Panjang, Sawahlunto dan Agam sudah mulai disalurkan hari ini,” ujar Irwan Prayirno.

Ia menambahkan, seluruh daerah yang memasukkan data harus melalui proses verifikasi oleh tim, agar tidak ada kekeliruan dalam pemberian bantuan. Ia mmenegaskan, tidak ada sedikit pun keinginan Pemprov Sumbar untuk menahan-nahan bantuan langsung tunai dari APBD Sumbar tersebut.

“Bantuan ini jelas untuk masyarakat yang tekena dampak Covid-19. Jadi, tidak ada gunanya ditahan-tahan. Penyaluran agak telat, ya karena banyak daerah yang belum melenggkapi data,” ucapnya.

Ia menyebut, pada tahap pertama ini bantuan diserahkan untuk jatah dua bulan, yaitu April dan Mei, dengan jumlah masing-masing Rp 600 per KK per bulan. Sehingga total bantuan yang akan diterima warga di tahap pertama adalah Rp1,2 juta per KK.

“Nah, bagi rumah penerima JPS dari Sumbar ini akan ditempeli stiker yang bertujuan agar masyarakat tidak menerima bantuan ganda. Bagaimanapun, setiap KK hanya boleh menerima satu jenis bantuan. Tidak boleh lebih,” ujar Irwan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, bantuan JPS untuk sembilan daerah yang telah melengkapi data penerima, rencananya akan disalurkan hari ini. Sedang untuk tujuh daerah sisanya, ia berharap agar segera melengkapi data, sehingga bantuan dapat segera disalurkan.

“Insya Allah, untuk Sembilan kabupaten/kota yang telah melengkapi data, bantuan akan disalurkan besok (hari ini, red),” ucap Jasman dalam keterangan tertulis, Minggu (3/5).(Q-03)