Viral Bayi Tersedak Susu Meninggal, RSUP M Djamil Padang: Ada Perbaikan Internal

bayi
Ilustrasi bayi

HALOPADANG.ID–Terkait viralnya video suami istri asal Kota Pariaman yang anaknya meninggal dunia di RSUP DR M Djamil Padang. Pihak rumah sakit plat merah tersebut melakukan klarifikasi, Minggu (3/5).

Dirut RSUP DR M Djamil Padang, Yusirwan mengatakan,pihaknya masih ada kekurangan dari segi pelayanan. Namun, ia menjelaskan kaitan lainnya adalah masih lemahnya sistem rujukan dari rumah sakit jejaring dengan rumah sakit pusat.

“Padahal kami sudah menyepakati melalui Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumbar dan Dinas Kesehatan, bahwa bila ada pasien terduga COVID-19 yang ingin dikirim ke M Djamil, itu sudah harus diberikan data pendahuluan, pemeriksaan laboratorium dan rontgen foto torak,” katanya di RSUP Dr M Djamil Padang , Minggu (3/5) dilansir dari Klikpositif.

“Ada beberapa persyaratan yang dikirim ke rumah sakit, dan itu harus dikontak dulu M Djamil supaya bisa mempersiapkan kondisi-kondisi emergency pada pasien tersebut. Pada kenyataannya, pasien tidak dibekali data-data yang lengkap tadi,” sambungnya.

Yusirwan melanjutkan, sampai di M Djamil, karena pasien ada sesak napas, untuk gejala utama pada screening pasien itu terimbas COVID-19.

“Karena pada wabah ini, ada beberapa keluhan gejala klinis yang memang menjadi dasar utama kita memilah pasien, karena kita sama tahu penyakit pandemi ini menular, perlu perlakuan khusus pada pasien ini,” tuturnya.

Dari hasil rontgen foto torak, ada bronco pneumonia dan akan diambil swab, swab untuk memastikan melalui PCR, apakah positif atau negatif COVID-19.

“Dan keluarga pasien menolak. Sehingga ujung-ujungnya terjadi seakan-akan terbengkalai pelayanan, ini karena terjadi miskomunikasi sehingga berakibat kejadian ini,” ujarnya.

Yusirwan menegaskan, kami dari pihak RSUP Dr M Djamil, tetap akan memberikan upaya-upaya perbaikan di internal, juga ke depan ini akan memberlakukan disaster plan, agar kasus yang berat ini tidak terulang lagi dengan respon time yang terlambat.

“Siapapun pasien yang masuk ke emergency, sesak atau tidak sesak kita sudah tata laksana cara pasien COVID-19. Kita berharap dengan kondisi kedepannya, ini akan menjadikan RS M Djamil ini respon time kita makin cepat, terutama dengan pasien commorbite yang berat,” pungkasnya kemudian.(R-01/Klk)