Mesjid Koln, Terindah dan Termegah di Jerman

Halopadang.id – Selain dikenal dengan katedralnya, Kota Cologne atau Koln di Jerman ternyata memiliki sebuah masjid dengan arsitektur yang indah.

Masjid ini didesain oleh arsitektur Jerman, Gottfried Böhm dan anaknya Paul Böhm. Fakta yang menarik adalah kedua arsitek itu biasanya membangun gereja. Mereka memenangkan kontrak membangun masjid pada tahun 2007.

Bangunan itu dirancang dengan dinding kaca dan tangga yang dapat diakses dari jalan, melambangkan keterbukaan bagi orang dari semua agama. Masjid punya 2 menara berukuran 55 meter dan kubah dari beton dan kaca yang tampak terbuka seperti kuncup bunga.

Masjid yang dibangun dengan beton dan kaca serta memiliki desain indah ini disebut-sebut sebagai masjid yang terbesar di Eropa di luar Turki. 

Masjid Koln pertama kali diresmikan akhir September 2018 lalu oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Masjid merupakan salah satu masjid yang dikelola oleh Persatuan Islam Turki untuk Urusan Agama DITIB. Asosiasi ini merupakan asosiasi muslim Turki terbesar di Jerman.

Menurut situs DW, Masjid Besar di kota Koln biasanya ramai dikunjungi warga Jerman dalam rangka Hari Pintu Terbuka Masjid di Jerman, yang digelar pada 3 Oktober setiap tahun. Acara ini dilakukan di Jerman sejak 1997.

Selain bagian luarnya, bagian dalam masjid pun tak kalah cantiknya. Para jemaah biasanya mengagumi mengagumi kubah transparan setinggi 35 meter. Cahaya masuk ke ruangan menerangi kaligrafi emas di dinding. 

Masjid yang beralamat di Venloer Strasse 160, Koln ini dapat menampung sampai 1.200 jamaah. Di bawah masjid ada pertokoan.(002)