Apa Hukumnya Mencicipi Makanan Bagi Cheef di Bulan Puasa, Ini Kata UAS

cheef
Ustad Abdul Somad

HALOPADANG.ID—Mayoritas mereka yang bekerja sambil berpuasa di bulan Ramadan tidak banyak mempengaruhi aktifitas pekerjaannya. Namun, bagaimana dengan mereka yang bekerja di restoran tukang masak (cheef).

Karena koki atau cheef tentunya harus mencicipi makanannya agar konsumen tidak kecewa dengan makanan yang dipesannya.

Ustad kondang asal Riau, Abdul Somad dalam ceramah di video youtubenya menjelaskan, untuk mereka yang bekerja sebagai tukang masak atau cheef berdasarkan pernyataan Syaikh Abdul Aziz Ibnu Baz, Mufti Saudi Arabia, diperbolehkan.

“Ada yang bertanya, Syaikh apa hukumnya laki-laki mencicipi makanan, kalau ia cheef di restoran atau ia perempuan?, kata Syaikh tidak apa-apa. Karena menurutnya alat perasa itu hanya sampai di sini (lidah) tidak masuk sampai ke dalam (perut). Tapi saya tidak melakukannya, keluraga saya tidak melakukannya, istri saya larang. Bahkan Emak saya juga bertanya, gimana ini Mad, cicipi ndak ga nih? Saya jawab ga usah Mak, nanti kalau kurang asin kita tambah aja garamnya,lebih baik berhati-hati,” ujar pria yang sering disapa UAS ini.

UAS mengatakan, lebih memilih untuk sikap berhati-hati dan yang menutup-nutup lebih baik. Namun, UAS juga mengecualikan untuk mereka yang bekerja di hotel.

“Ia (cheef) masak banyak, kalau sempat masaknya tidak ada rasanya (tidak enak) gajinya dipotong. Sementara di situlah hidup bini dan anaknya (gaji) maka ia pakailah fatwa tadi,” kata UAS. (R-01)