Hasil Rapid Test: Seorang Pedagang Pasar di Painan Dinyatakan Positif Corona

ilustrasi

Halopadang.id – Seorang pedagang di Pasar Inpres Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), dinyatakan positif corona setelah melalui hasil rapid test.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, Sutarman mengatakan, yang bersangkutan awalnya tiba-tiba pusing ketika tengah berjualan di pasar. Kemudian dilarikan ke rumah sakit pada Selasa 21 April 2020.

“Ya, memang, tadi malam ada. Setelah itu langsung kami test dan berdasarkan hasil rapid, yang bersangkutan memang positif,” ujarnya di Painan.

Kendati demikian, saat ini pihak RSUD bakal merujuk yang bersangkutan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang, guna pengambilan test swab. Namun, sampai kini belum ada persetujuan dari pihak keluarga.

Sedangkan untuk penanganan lebih lanjut terkait pihak keluarga dan orang yang pernah bersentuhan langsung dengan si pasien, akan diserahkan pada pihak Dinas Kesehatan Pessel.

Secara terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Pessel Covid-19, Rinaldi membenarkan adanya salah seorang pedagang yang positif setelah diuji melalui rapid test. Meski begitu, tindakkan lebih lanjut masih menunggu hasil test swab keluar.

“Kan baru rapid test. Kita tunggu dulu hasil swabnya. Jika memang dinyatakan positidf, maka kami bersama pemerintah kabupaten akan mengambil tindakkan,” ujarnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Pessel pada Selasa, 21 April 2020, total warga yang positif tercatat sebanyak 8 orang. Dari jumlah itu, 3 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara, 5 orang pasien positif lainnya masih dirawat intensif. 1 orang di RSUD M. Zein Painan dan 4 lainnya di Balai Penelitian Kesehatan Priovinsi Sumatera Barat di Padang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat 6 orang. 3 orang diantaranya dirawat di RSUD M. Zein Painan. 1 orang di Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang dan 2 orang dirawat di RSUP M.Djamil Padang.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) 291 orang. Warga berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) 304 orang 5.393 orang,” tutupnya. (002)