Viral, Hasil Swab Test Positif Corona Warga Dharmasraya Beredar

ilustrasi virus corona

Halopadang.id – Hasil swab test pertama “R” warga Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, adalah negatif dan hasil swab tes kedua hasilnya positif. Hasil swab tes kedua dari laboratorium Unand tersebut telah beredar luas. Namun pernyataan resmi dari pemerintah belum ada.

Dalam surat bernomor 152.04/PDRPI-FK/2020, perihal hasil pemeriksaan COVID RSUD Sungai Dareh (pemeriksaan tgl 18 April 2020) atas nama “R” dengan nomor laboratorium C37.A13.0002 dengan hasil positif.

Diketahui swab test pertama ini dilakukan terhadap R pada Rabu (15/4), sampel darah tersebut dikirim ke Laboratorium Unand, ternyata hasilnya negatif, namun hasil swab tes kedua yang dilakukan pada Kamis (16/4), hasilnya positif. Dengan demikian, sudah dua orang warga Dharmasraya terpapar COVID 19 dengan swab tes positif.

Sebelumnya inisial “J” dinyatakan positif. Sedangkan “R” melakukan kontak langsung dengan “J” saat bersalaman sehabis shalat magrib berjamaah. Karena itulah tim gugus tugas memeriksa semua orang yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan “J”. Hasilnya, dari 16 orang yang diperiksa dengan rapid tes, inisial “R” positif.

Maka langkah selanjutnya, tim gugus tugas melakukan pemeriksaan swab tes agar hasilnya lebih bisa dipercaya, karena tingkat kesalahan rapid tes mencapai 60 persen, sedangkan swab tes tingkat kesalahannya hanya 5 sampai 10 persen.

Hingga berita ini diterbitkan tim Halopadang.id mencoba konfirmasi ke pihak terkait tentang hasil swan tes kedua yang beredar tersebut. (002)