Petugas Kebersihan Sawahluto Dibekali APK untuk Bawa Sampah ODP

apk

HALOPADANG.ID–Mengantisipasi agar tidak terpapar corona atau covid – 19 dari sampah rumah tangga terutama sampah yang berasal dari rumah Orang Dalam Pemantauan (ODP). Petugas kebersihan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto dibekali dengan alat pelindung kerja (APK) berupa masker dan sarung tangan.

“Petugas kebersihan sangat berpotensi terpapar virus Covid 19 karena berhubungan langsung dengan sampah rumah tangga, terutama sampah yang berasal dari rumah ODP. Untuk itu kami bekali mereka dengan APK,” kata Kepala DPKP2LH Sawahlunto, Adrius Putra.

Adriys mengungkapkan, meski belum ada warga kota Sawahlunto yang terkonfirmasi positif Covid 19, akan tetapi DPKP2LH tetap waspada.
“Selain kita bagi APK kepada 185 petugas kebersihan yang ada. Juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke 9 unit truk dan 22 motor becak motor pengangkut sampah,” ujarnya.

Akan tetapi sebut Adrius, APK ini masih sangat kurang. Untuk lebih aman dari penularan virus, pihaknya masih membutuhkan hazmat atau baju pelindung dan sepatu boot. Terkait pengadaan APK yang dibagikan ini Adrius mengatakan, murni sumbangan dari bidang – bidang yang ada di DPKP2LH.

“Meski setiap hari bergelut dengan sampah, kami juga senantiasa mengingatkan kepada semua petugas agar terus menjaga kebersihan diri. Selesai bertugas harus langsung membersihkan diri atau mandi dan ganti pakaian, baru berinteraksi dengan anggota rumah lainnya,” katanya.(J-01)