Anggota KPU Pusat Langsung Awasi Pelaksanaan PSU DPD-RI di Sumbar

HALOPADANG.ID –  Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Betty Epsilon Idroos, melakukan pemantauan langsung terhadap proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Sumatera Barat (Sumbar) pada Sabtu (13/7/2024).

Kunjungan bertujuan memastikan bahwa pelaksanaan PSU berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Menurut Betty, dari hasil peninjauannya, pelaksanaan PSU di Sumbar berlangsung dengan baik dan sesuai dengan harapan.

“Sejauh ini yang terlihat oleh saya, semua teknis penyelenggaraan masih dalam kondisi sangat baik untuk melayani pemilih di TPS,” ungkap Betty Epsilon Idroos usai peninjauan di Padang Pariaman.

Meskipun pelaksanaan berjalan lancar, Betty mengungkapkan bahwa hingga pukul 11.00 WIB, tingkat partisipasi pemilih masih di bawah 50 persen. Hal ini menjadi perhatian, meski pihak penyelenggara telah berupaya maksimal untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Tadi saat kita meninjau di Padang, pihak KPPS, PPS, serta PPK telah berusaha untuk mengingatkan warga dengan menggunakan toa masjid. Kemudian di Padang Pariaman ini melibatkan mahasiswa KKN dengan menggunakan motor berkeliling kampung mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Betty berharap, melalui berbagai upaya yang telah dilakukan oleh KPPS, PPS, dan PPK, partisipasi pemilih dapat meningkat dan pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan sukses sesuai tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi.

“Kita tinggal menunggu hasilnya lagi untuk kemudian ditetapkan oleh KPU secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, hingga Provinsi dan langsung naik ke KPU RI,” pungkasnya.(*)