FIB Unand Siap Rayakan Dies Natalis ke-42

HALOPADANG.ID – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) sedang dalam suasana penuh persiapan untuk merayakan Dies Natalis ke-42. Dalam upaya untuk menyambut perayaan tahunan ini, FIB telah mengadakan rapat persiapan, yang bertujuan untuk mempersiapkan perayaan Dies Natalis menjadi momen bersejarah bagi Fakultas.

Ketua Pelaksana Dies Natalis FIB tahun ini terpilih Eva Najma. Jajaran panitia sendiri terdiri dari dosen dan staf administrasi fakultas yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan semua kegiatan yang terkait dengan perayaan Dies Natalis FIB.

“Panitia diperinci ke dalam beberapa seksi, termasuk seksi acara, seksi konsumsi, dan seksi dokumentasi. Adapun tema untuk Dies Natalis ke-42 adalah _Pusako Kato Warih Bajawek: Menggali Kekayaan Budaya Minangkabau Dalam Rangka Merajut Kebhinekaan_, yang telah disepakati oleh Ketua Pelaksana dan panitia berdasarkan arahan dari Bapak Dekan,” ungkap Eva.

Disebutkan, tema ini menjadi pilihan karena Usia Fakultas Ilmu Budaya yang sudah berusia 42 tahun merupakan usia yang tidak lagi muda, jika disamakan dengan usia manusia.

“FIB dengan keberagaman yang ada karena kita memiliki sembilan prodi dan sebagai fakultas yang berbasis budaya, Fakultas ini tentu memiliki tanggung jawab untuk senantiasa menjadi model dalam upaya pemertahanan budaya,” tambahnya.

Eva juga menyatakan harapan, agar Dies Natalis nantinya menjadi momen yang bermakna dan menginspirasi bagi semua masyarakat FIB dan Unand khususnya, dan juga untuk masyarakat pada umumnya.

“Kita berharap agar peringatan Dies Natalies terus menjadi ajang untuk merayakan pencapaian dan perkembangan, memperkuat ikatan komunitas, dan mendorong pertumbuhan pribadi dan akademik di FIB khususnya, dan dengan harapan FIB terus berkembang dan selalu menjadi referensi bagi masyarakat luas, terus menumbuhkan bibit-bibit unggul generasi bangsa yang terbaik dan tetap menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menimba ilmu. Dan momentum ini juga untuk introspeksi diri bagi kita semua. Semoga perjalanan FIB ke depan memperoleh keberkahan dan kesuksesan yang menyertai setiap langkah. Jayalah selalu FIB-ku,” sebut Eva antusias.

Rencana acara, dikatakan, telah disusun dengan cermat. Selain acara puncak, Orasi Ilmiah yang akan disampaikan oleh DR. Elly Delfia SS. M.Hum, pada tanggal 7 Maret 2024, ada beberapa acara lain yang akan memeriahkan Dies Natalis FIB Unand tahun ini, yaitu Unand Berpuisi dan Fun Games (FIB Seru seruan) yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024.

“Orasi Ilmiah bertempat di ruang seminar fakultas, dan Unand Berpuisi serta FIB Seru-Seruan dilaksanakan di latar parkiran FIB,” sebutnya lagi.

Dalam memeriahkan agenda tahunan FIB ini, panitia juga mengundang para Pimpinan Unand, Dekan di lingkungan Unand, dan kepala instansi terkait yang ada di Sumbar. Panitia juga telah mempersiapkan strategi pemasaran dan promosi yang intensif untuk menarik perhatian mahasiswa, dosen, alumni, serta masyarakat umum.

Sementara, Wakil Dekan I FIB Unand Ike Revita menyatakan optimis dan antusias dalam menjalani persiapan Dies Natalis ke-42 ini. Dia berharap perayaan ini akan menjadi momentum yang berkesan bagi seluruh sivitas akademika dan masyarakat luas.

“Semoga FIB akan menjadi lebih baik lagi ke depannya. Apa yang menjadi visi dan misi FIB itu (semoga) bisa terpenuhi. Semoga FIB semakin maju dan semakin jaya,” sebut Ike Revita.

Disampaikan juga, tahun ini, yang menjadi target utama dari program kerja Dekan sendiri adalah terkait dengan kerja sama dan publikasi.

“Jadi, kami akan memperbanyak kerja sama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri, kemudian kami juga akan fokus meningkatkan publikasi dosen sehingga reputasi-reputasi dan karya-karya dosen ini bisa dikenal di dalam dan di luar negeri, karena semua kegiatan sudah berbasis kepada yang namanya indikator kinerja utama. Alhamdulillah, pada tahun 2023 yang lalu, FIB sudah menorehkan prestasi terkait dengan salah satu IKU yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa di luar kampus, yaitu kegiatan MBKM. FIB termasuk fakultas yang pemuncak mahasiswanya mengikuti MBKM khususnya Credit Earning. Hal ini juga salah satunya dipacu oleh adanya Konsorsium FIB se-Indonesia, yang mempermudah dan mempersingkat proses implementasi dari kerja sama itu sendiri. Di setiap semester, jumlah mahasiswa yang berangkat mengikuti Credit Earning dari hasil Konsorsium serta kegiatan MBKM lainnya juga meningkat,” urai Ike.

Ditekankan, sejauh ini, antusiasme dan semangat yang terpancar dari rapat persiapan ini menjanjikan perayaan Dies Natalis yang tak terlupakan bagi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, FIB Unand siap merayakan prestasi dan dedikasi dalam memajukan ilmu budaya di Sumbar. (HP-003)