Andre Rosiade: Siapa Cawapres Prabowo? Muhaimin Kuncinya

HALOPADANG.ID – Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade menyebutkan, kandidat terkuat calon wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Andre mengatakan, hingga saat ini Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masih menjadi kandidat terkuat.

“Seperti yang disampaikan pimpinan Partai Gerindra, kandidat terkuat calon wakil presiden Pak Prabowo sampai saat ini, sampai malam ini kita bicara adalah Gus Muhaimin, sampai saat ini,” kata Angota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) ini kemarin.

Andre Rosiade menuturkan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani juga berulang kali menyampaikan bahwa Cak Imin merupakan pemegang kunci Cawapres Prabowo. Hal itu, lanjutnya, juga tertuang dalam perjanjian kerja sama antara Gerindra dan PKB.

“Karena sekali lagi, dalam piagam kerja sama yang ditandatangani oleh pak Prabowo dan Gus Muhaimin, dengan kerja sama Gerindra dengan PKB itu disebutkan bahwasanya calon presiden dan calon wakil presiden disepakati dan diumumkan secara bersama-sama oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin. Jadi kuncinya siapapun cawapres Pak Prabowo nanti kuncinya ada di tangan Gus Muhaimin,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Anggota Komisi VI DPR RI itu pun meyakini sosok Cawapres Prabowo akan segera dideklarasikan. Menurutnya, saat ini Prabowo dan Cak Imin masih menunggu momen yang tepat. “Pendaftarannya kan masih pertengahan Oktober, Masih 3,5 bulan lagi. Saya rasa Pak Prabowo dan Gus Muhaimin masih menunggu momentum dan timing yang pas untuk menentukan siapa yang akan diumumkan sebagai cawapres Pak Prabowo,” ujarnya.

Andre meminta semua pihak sabar dalam menunggu proses ini. “Tunggu sajalah, kan masih 3,5 bulan lagi. Saya rasa itu masih cukup, apalagi Pak Prabowo dan Gus Muhaimin punya komitmen yang sama bagaimana Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini semakin kuat dengan bertambahnya partai-partai yang lain,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sebelumnya Andre Rosiade mengungkapkan akan ada sejumlah partai politik (parpol) bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Andre mengatakan parpol-parpol tersebut akan bergabung bulan ini. “Insya Allah, ada beberapa partai yang insyaallah bulan Juli ini akan bergabung dengan kita. Baik nonparlemen maupun insyaallah parlemen,” kata Andre.

Andre tidak memerinci parpol mana saja yang akan bergabung. Menurutnya, parpol-parpol tersebut sudah menyatakan komitmennya. “Setahu saya ya ada berapa Partai nonparlemen yang akan mendeklarasikan mendukung Pak Prabowo di bulan Juli ini dan insyaallah harapan kita yang parlemen pun Juli ini ada yang mengumumkan deklarasi mendukung Pak Prabowo,” tuturnya.

Andre mengaku terus mengikuti prosesnya. “Ya insyaAllah, insyaAllah. Karena saya mengikuti prosesnya bahwa sudah beberapa partai berkomitmen menambah kekuatan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, insyaallah,” kata Andre. (HP-002)