Sabtu ini, Andre Rosiade Cup Masuki Babak Final

HALOPADANG.ID – Turnamen basket antas SMA, MA dan SMK se-Sumbar bertajuk Andre Rosiade Cup masih terus bergulir. Pada Sabtu (4/3/2023), turnamen ini bakal memasuki babak final. Akhir pekan itu akan digelar pertandingan final antara tim putra dan putri kategori 5×5, serta laga semifinal dan final kategori 3×3.

Ketua Panitia Andre Rosiade Cup, Edward Azwar menyebutkan, Jumat (3/3/2023) sengaja dibuat jeda atau break dulu. Agar para finalis dapat memulihkan stamina dan bisa maksimal dalam laga final yang juga menjadi ajang penutupan iven yang digelar di GOR Prayoga Padang ini.

Ketua Harian Pengurus Perbasi Kota Padang ini menyebut, Andre Rosiade yang merupakan Anggota DPR RI asal Sumbar sangat mendukung penuh turnamen ini dari awal sampai akhir. Apalagi, Andre juga dikenal sebagai pencinta basket dan pernah menjadi pemain basket semasa di SMA 2 Padang dan menjadi andalat sekolah.

Turnamen ini berlangsung Sabtu (25/2/2023) hingga Sabtu (4/3/2023) mendatang. Ada 13 tim putra pada kategori umum 5×5 yang berlaga. Sedangkan pada kategori 3×3, diikuti oleh 40 tim basket SMA/SMK dan MA se-Sumbar. Penyelenggara telah menyiapkan hadiah berupa piala bergilir dan piala tetap beserta uang tunai bagi tim basket yang mampu menyabet juara 1 pada kategori 5×5.

Andre Rosiade mengatakan, turnamen ini sengaja digelar sebagai sarana untuk menjaring bibit atlet, khususnya kalangan pelajar di Sumbar sejak usia dini, serta memfasilitasi pelajar yang hobi bermain basket.

“Kami mendukung semua kegiatan positif yang melibatkan anak-anak muda seperti SMA. Apalagi saat ini, basket masih diminati dan semakin banyak peminatnya. Semoga ajang ini mendapat perhatian luas dari masyarakat Sumbar dan juga pencari bakat basket lokal dan nasional,” kata Andre Rosiade yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Diketahui, pertandingan tim putri antara SMA Adabiah 2 Padang melawan SMAN 3 Bukittinggi membuka jalannya pertandingan babak semifinal kategori 5×5. Kamis (2/3) atau hari keenam ini, digelar sebanyak empat pertandingan babak semifinal kategori 5×5 tingkat SMA/SMK dan MA se-Sumbar, baik tim putri maupun putra.

Pada laga semifinal 5×5 ini, tim Putri SMA Adabiah 2 Padang berhasil mengalahkan SMAN 3 Bukittinggi dengan skor 19-14. Begitu juga dengan tim putra SMA Adabiah 2 Padang yang berhasil menumbangkan lawannya, SMAN 3 Bukittinggi dengan skor 49-23.

Dengan keberhasilan itu, tim putra dan tim putri SMA Adabiah 2 Padang dipastikan mengantongi tiket dan melenggang ke partai final pada kategori 5×5.

Sedangkan pada kategori 3×3 umum, tim yang dipastikan melaju ke pertandingan babak semifinal, Sabtu (4/3) yaitu Tim X, Garuda, Crofflelite dan Burung Dara B. (HP-003)