Tekno  

10 Software Edit Video di PC untuk Pemula dan Profesional

10 Software Edit Video di PC untuk Pemula dan Profesional
10 Software Edit Video di PC untuk Pemula dan Profesional

Halopadang.id–10 Software Edit Video di PC untuk Pemula dan Profesional, Konten-konten digitalisasi terus berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan aplikasi melalui software. Kali ini, halopadang.id membahas soal pilihan software edit video untuk PC yang dapat kalian gunakan .

Ada sepuluh rekomendasi software edit video untuk PC dari beragam software editing video ini bisa kamu pertimbangkan, kendati saat ini sudah ada banyak aplikasi edit video di smartphone

Namun, sebagai catatan, software pada PC ini belum tersaingi apalagi untuk mengedit video dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Ini dia software tersebut.

Sony Vegas

Software video editing ini sering dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro lho, terutama untuk mereka yang sudah mahir dengan aplikasi soal ini.

Diciptakan dan dikembangkan oleh Vegas Creative Software ini, banyak editor video yang pro menggunakannya. Hal ini tak terlepas dari kelebihannya karena punya pilihan fitur yang bisa dikatakan lengkap.

Software ini juga dapat digunakan untuk pemula lho, terutama kamu yang baru belajar mulai mengedit video karena Sony Vegas juga mudah untuk dipelajari karena tampilannya sederhana.

Halopadang.id yang juga mengutip dari Fix The Photo mengungkap salah satu keunggulan Sony Vegas. Menurut Fix The Photo, kecanggihannya juga terletak pada fitur edit audionya. Selain itu juga ada berbagai pilihan yang dapat membuat video memiliki kualitas audio yang sangat baik.

Final Cut Pro

Secara umum, software ini dapat digunakan baik oleh editor video amatir maupun profesional lho. Hal ini tak terlepas dari fiturnya yang lengkap serta gampang dipahami.

Perlu diketahui, software ini sangat berguna kalau kalian punya video yang diambil secara 360 derajat karena biasanya kamera atau tripod ikut masuk dalam video yang kamu ambil.

Khusus untuk kamu yang telah familier dengan Mac, Final Cut Pro bisa disebut sebagai software editing video yang cocok untukmu. Sejak diluncurkan tahun 2011 silam, Final Cut Pro juga punya tampilan yang mirip dengan software Mac lain.

Kamu juga bisa menyambungkan Final Cut Pro dengan Photos dan koleksi iTunes-mu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah meng-import video yang ingin kamu edit. Seperti dilansir dari PC Mag, software ini dapat juga menghapus kamera dan tripod yang muncul di video.

Adobe Premiere Pro, software edit video untuk pc

Bagi yang sudah familiar dengan dunia editing video, software ini jelas sangat dikenal, yakni Adobe Premiere Pro. Sebagai salah satu software yang diunggulkan, Adobe Premiere Pro dapat dipakai editor video yang masih tergolong pemula, hingga yang profesional sekalipun.

Dari catatan yang ada, Software tergolong punya fitur yang lengkap dan terorganisasi sejak diluncurkan akhir 2003 lalu. Diharapkan, para pengguna kamu dapat menemukannya dengan mudah karena berada dalam satu bagian yang sama dengan tools serupa lainnya.

Meskipun harganya mahal, banyak orang menganggap Adobe Premiere Pro adalah software edit video terbaik. Kendati demikian, penggunanya tetap perlu menonton beberapa video tutorial untuk dapat menggunakan Adobe Premiere Pro dengan baik, terutama bagi kamu yang baru belajar mengedit video.

Lightworks

Dikutip dari Creative Bloq menyebut software Lightworks ini sebagai Hollywood-grade tool. Sejumlah film-film hollywood yang keren, seperti The Wolf of Wall Street, Pulp Fiction Mission Impossible, dan Shutter Island saat melakukan editing video memakai Lightworks.

Artinya, bisa dikatakan, software ini sangat cocok bagi kamu yang sudah profesional untuk mengedit video, apalagi kalian berkarya di bidang broadcasting.

Menariknya, Lightworks memiliki versi gratis yang membuatnya bisa digunakan oleh siapa saja. Hanya saja, karena namanya gratisan, tentu versi ini ruang kerjanya terbatas. Kamu hanya bisa meng-export video dengan resolusi paling tinggi 720p.

Lain halnya dengan yang gratisan, versi versi berbayar, anda bisa meng-export video dengan resolusi HD, PAL, dan NTSC.

Filmora

Nah, ini tergolong software yang mudah dipakai untuk pemula karena memiliki tampilan simpel dan berbagai fitur yang mudah digunakan. Sebut saja pilihan Title yang bisa membuatmu memasukkan transisi judul menarik dengan layout yang sudah tersedia.

Selain itu, ada pula sekitar 100 transisi yang bisa mempercantik videomu.

Sayangnya, berbagai transisi ini tidak bisa kamu temukan dengan mudah karena tidak ada folder yang membagi sesuai jenisnya.

Filmora juga hadir dalam versi mobile, lho, dengan nama Filmora Go.

CyberLink PowerDirector 365

Software ini termasuk editing video lain yang kudu kamu pantengin. Pada Cyberlink PowerDirector 365 ini, ada banyak fitur canggih dan kekinian. fitur-fitur itu di antaranya 360-degree video editing, AI DeReverb, AI Video Denoise, dan AI Audio Denoise.

Selain fitur-fitur di atas, software CyberLink PowerDirector 365 juga punya fitur lain. Dengan hal itu, kamu mungkinkan bisa menambahkan grafis hingga teks yang otomatis mengikuti pergerakan objek yang dituju.

Juga ada interface yang mudah digunakan sehingga software edit video satu ini perlu dipertimbangkan untuk kamu install pada personal computer kalian gaess.

Corel VideoStudio Ultimate

Kalau anda masi kebingungan saat milih software edit video untuk PC-mu, Corel VideoStudio Ultimate bisa menjadi pilihan yang pas buat kamu.

Pada Corel VideoStudio Ultimate ini, terdapat banyak fitur canggih mulai 360-degree VR video support, 4K support, motion tracking, 3D text editing, multi-cam support dan masih banyak lagi.

Dengan kelebihan demikian, 3D text editing dianggap sangat cocok digunakan bagi kamu yang baru memulai petualangan pada editing video.

Jika bicara soal harga, harga software ini pun tergolong murah jika dibandingkan kompetitornya, yakni Adobe Premiere Pro yang sangat fenomenal itu.

HitFilm Express

Halopadang.id mengutip dari Toms Guide. Dari sana, terungkap, HitFilm Express dapat dipakai baik di Windows maupun Mac.Tak hanya itu, kamu pun bisa men-download software video editing ini secara gratis.

Kendati demikian, bila kamu ingin menambah fitur untuk aplikasi ini, kalian mesti merogoh kocek karena tidak gratis.

Pada software ini, fitur-fitur yang menonjol yang menarik digunakan yakni auto-stabilization yang membuat footage menjadi stabil, color adjustment effect, dan GoPro FX reference effect.

Pinnacle Studio

Software Pinnacle studio termasuk yang bisa kamu pertimbangkan karena dinilai sebagia salah satu software edit video terbaik untuk PC.

Software ini cocok kamu gunakan untuk membuat dan mengedit video dengan beragam angle, stop motion, motion tracking, 360-degree VR, hingga video resolusi 4K.

Selain itu, software video editing ini juga dilengkapi fitur seperti video masking, clip nesting, LUT preset, dan batch processing. Pinnacle Studio hanya tersedia untuk windows yang mudah digunakan untuk pemula. Ia juga dilengkapi interface yang rapi

DaVinci Resolve

Fitur kesepuluh yang kita bahas ini dapat juga kamu gunakan seperti nonlinear editing, color correction, audio post, hingga visual effect. Software ini juga sangat cocok digunakan untuk color grading ketika mengedit video.

Untuk versi standarnya, kalian dapat men-download software ini secara cuma-cuma alias gratis dan DaVinci Resolve juga dapat dipakai pada berbagai platform seperti Windows, Mac, hingga Linux.(HP-001)