Jemput Bola, Pemko Pariaman Jepret Siswa ke Sekolah untuk Buat KTP-El

HALOPADANG.ID – Pemko Pariaman membuat inovasi. Untuk memenuhi target capaian produksi dokumen Kependudukan KTP-EL, mereka jemput bola ke SMA di lingkungan kota tersebut.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman menamai program ini Payung Sekolah (Pelayanan Langsung Ke sekolah), dengan melakukan perekaman di SMA 1 Pariaman, Senin (3/10).

“Disdukcapil Kota Pariaman saat ini untuk KTP-EL pemula masih mencapai 80 % dan target kita mampu mencapai 100 % jelang akhir tahun ini. Begitu juga dengan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA), masih jauh dari taget. Makanya kita lakukan pelayanan langsung ke sekolah–sekolah agar semua bisa mencapai 100 %, “ ungkapnya.

“Tujuannya adalah untuk menertibkan administrasi kependudukan bagi warga Kota Pariaman yang barus saja berusia 17 tahun. Tidak hanya KTP-EL, payung kesekolah juga melayani penerbitan dokumen lainnya seperti KIA, KK dan Akte Kelahiran,” sambungnya.

“Kita tidak hanya melayani perekaman untuk KTP-EL saja, namun Payung Sekolah juga membuka layanan untuk menerbitkan Akte Kelahiran, KK dan KIA. Khusus untuk KIA diperuntukkan bagi pelajar yang berusai 16 tahun kebawah. Agar para pelajar antusias dalam menertibkan administrasi KIA, kita telah menggandeng dan bekerja sama dengan Bank Nagari untuk memberikan voucher bagi mereka yang telah cetak KIA pada Payung Sekolah. Voucher bisa digunakan untuk membuka tabungan baru pada Bank Nagari, “ tambahnya.

Sementara itu Kepala SMA 1 Pariaman Elfi Junaida saat dijumpai Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemko Pariaman yang telah bersedia melakukan payung kesekolah.

“Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Pemko Pariaman karena telah mengadakan payung kesekolah.Dengan adanya kegiatan ini, akan mempermudah pelajar untuk memiliki kartu identitas. Karena selama ini kita tahu bahwa anak – anak sekolah dari Senin s.d Sabtu sehingga untuk langsung ke Disdukcapil belum ada kesempatan. Namun dengan Payung Sekolah, anak – anak sangat antusias dan mereka sudah bisa langsung mendapatkan KTP-EL ataupun KIA, “ ujarnya mengakhiri.(HP-002)