Peringkat 87 se Indonesia, STKIP PGRI Sumbar Tingkatkan Prestasi

STKIP
STKIP PGRI Sumbar

HALOPADANG.IDSTKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) kembali menyelenggarakan Workshop E-Learning dengan tema Meningkatkan Kualitas E-Learning Melalui Pembelajaran Berbasis Massive Open Online Courses (MOOC). Kegiatan ini berlangsung dari Kamis 10 September sampai Jumat 11 September lalu.

Workshop ini dilakukan secara daring maupun luring dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ansofino, M.Si; Ir. Budi Raharjo, M.Sc.,Ph.D; Sri Imelwaty, M.Pd.,Ph.D; Anggri Yulio Pernanda, M.Kom dan Ami Anggraini Samudra, S.Pd.,M.Sc, dan dipusatkan di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumbar, Jl. Gunung Pangilun Padang.

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia mengungkapkan, workshop ini diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan dan dosen STKIP PGRI Sumbar. Ia mengatakan, STKIP PGRI Sumbar terus berkomitmen meningkatkan kualitas agar menjadi Perguruan Tinggi yang lebih baik dibanding Perguruan Tinggi lainnya. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan kemampuan SDM dalam proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.

“Workshop ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi dosen untuk mengembangkan proses pembelajaran daring yang menarik bagi mahasiswa. Mudah-mudahan pencerahan dan materi yang disampaikan narasumber, mampu mengembangkan kreativitas dosen untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik,” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Akademik STKIP PGRI Sumbar, Sri Imelwaty saat membuka kegiatan menyampaikan, STKIP PGRI Sumbar tiada henti terus meningkatkan prestasi. Hal itu dibuktikan dengan naiknya peringkat STKIP PGRI Sumbar di bidang kemahasiswaan dari Peringkat 97 kepada peringkat 87 Se- Indonesia.

Di Bidang Penelitian STKIP PGRI Sumbar juga masih tetap mempertahankan prestasi pada Klaster Utama. Sudah sekitar dua tahun proses pembelajaran di STKIP PGRI Sumbar sudah menggunakan platfom e-learning. Diawal pandemi Covid-19 pembelajaran tatap muka diubah kedalam bentuk pembelajaran jarak jauh atau online. Secara menyeluruh semua dosen sudah dibiasakan menggunakan e-learning.

Ia menuturkan, ini merupakan sebuah tantangan bagi seorang pendidik yang mesti dijalankan untuk memajukan pendidikan. Sehingga adanya kegiatan ini pemanfaatan e learning lebih meningkat kualitasnya. Dengan adanya kebijakan pemerintah tentang Merdeka Belajar, sambung dia, STKIP PGRI Sumbar memiliki rencana agar setiap dosen memiliki course di sebuah platfom yang setiap orang bisa untuk mengaksesnya.