Peran Komunikasi Terapeutik yang Efektif dalam Pelayanan Kesehatan Diungkap dalam Kuliah Pakar STIKes Alifah

Tangkapan layar kuliah pakar STIKes Alifah menampilkan Santi Hariani, S.ST.M.Kes sebagai pembicara

HALOPADANG.ID — Komunikasi terapeutik, istilah ini barangkali belum begitu familiar bagi kebanyakan orang, walaupun sebenarnya kegiatan ini seringkali kita lakukan. Dalam dunia kesehatan istilah komunikasi terapeutik tentu tidaklah asing.

Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar dan tujuannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. Komunikasi terapeutik dianggap sebagai proses yang khusus dan memiliki arti dalam hubungan antar manusia. Pada praktik kebidanan, komunikasi terapeutik lebih bermakna karena merupakan modal utama dalam mengimplementasikan asuhan kebidanan. Artinya, dalam komunikasi terapeutik bidan tidak hanya dituntut memiliki pengalaman ilmu, intelektual, dan teknik menolong pasien, tetapi juga didukung kasih sayang, peduli dan berkomunikasi dengan baik.

Sebagai seorang tenaga kesehatan, dalam hal ini Bidan harus memiliki keterampilan komunikasi terapeutik yang baik, agar dia dapat menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan kebidanan, dan meningkatkan citra profesi kebidanan. Namun yang terpenting adalah mengamalkan ilmunya untuk menolong sesama manusia.

Berlatar pentingnya komunikasi terapeutik ini, STIKes Alifah Padang menggelar kuliah pakar untuk mahasiswa Prodi S1 Kebidanan pada Selasa (11/8/2020). Kuliah pakar yang diselenggarakan secara daring ini merupakan lanjutan dari rangkaian kuliah pakar untuk seluruh progam studi di STIKes Alifah. Sebelumnya kampus kesehatan yang beralamat di jalan Khatib Sulaiman No.52B Padang ini telah tiga kali menggelar kuliah pakar. Terakhir pada Sabtu (8/8/2020) digelar kuliah pakar untuk prodi D-III Kebidanan dengan tema Hipnoterapi Manajemen Nyeri Pra dan Pasca Persalinan.

Kuliah pakar STIKes Alifah yang digelar pada Selasa (11/8/2020) bertemakan Peran Komunikasi Terapeutik yang Efektif dalam Pelayanan Kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi S1 kebidanan melalui aplikasi Zoom dan bisa disaksikan secara live di akun YouTube resmi Stikesalifah Official.

Tampil sebagai pembicara adalah yang merupakan kepala sub bidang hubungan antar lembaga dan lini lapangan BKKBN perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Sementara itu Desi Sarli, M.Keb yang merupakan dosen Prodi D-III Kebidanan STIKes Alifah tampil sebagai moderator.

Seperti biasanya STIKes Alifah juga memberikan sertifikat untuk seluruh peserta yang mengikuti kuliah pakar tersebut.