Hobi Sepeda, Wakil Wali Kota Pariaman Bentuk Komunitas Kuretangin Balega Piaman

sepeda
Komunitas Kureta Angin Balega Piaman

HALOPADANG.ID–Olahraga bersepeda sudah menjadi tren positif di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia khususnya Kota Pariaman. Selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga sepeda ini tampaknya dapat menjadi solusi untuk menghilangkan kejenuhan dari lamanya berada dirumah selama pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir.

Hal tersebut membuat semua kalangan menggemari hobi ini, tak terkecuali Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin. Di tengah kesibukannya Mardison yang juga menjabat Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Pariaman ini saat waktu liburnya dimanfaatkan untuk berolahraga sepeda bersama istri dan juga anak-anak tercinta.

Karena hobi barunya tersebut, Mardison punya inisiatif dengan mendirikan sebuah komunitas bersepeda yang ia beri nama Komunitas Kuretangin Balega Piaman (KKBP).

Kuretangin adalah nama lain sepeda dalam bahasa Pariaman, sedangkan Balega adalah suatu istilah dari bahasa Minangkabau yang bermakna ganda bisa diartikan jalan-jalan dan bisa pula diartikan sebuah keputusan yang sangat demokratis melalui musyawarah mufakat, baik dipakai dalam adat maupun kehidupan sosial budaya. Sementara kata Piaman adalah dua wilayah yang terpisah secara administratif Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki adat dan budaya yang sama.

“Komunitas ini ada sejak dimulainya new normal ditengah pandemi Covid-19 pada bulan Mei 2020 kemarin “, ungkap Mardison, Sabtu (18/7).

Ia menilai bahwa kebiasaan bersepeda ini sudah menjadi hobi bagi semua kalangan. Selain itu, sangatlah rugi rasanya jika tidak bisa menikmati keindahan alam Pariaman secara keseluruhan, ya salah satu cara menikmatinya ialah sambil bersepeda.

Selain bertujuan untuk membuat tubuh menjadi sehat, diharapkan komunitas ini juga dapat menjadi wadah menjalin silaturahmi atau kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat.

Mardison mengungkapkan, telah banyak kegiatan yang kami lakukan selama komunitas ini berdiri, salah satunya mencakup kegiatan sosial seperti ikut gotong royong bersama masyarakat.

“Kepedulian terhadap saudara-saudara kita membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita serta menjadi wadah diskusi demi kemajuan Kota Pariaman,”ucapnya.

Komunitas KKBP ini terbuka untuk umum, silahkan jika ingin bergabung karena tujuan komunitas ini ialah mengumpulkan berbagai kalangan untuk mengajak hidup sehat dengan cara olahraga bersepeda.

“Insyaallah, dalam waktu dekat kami akan membentuk pengurus sekaligus meresmikan Komunitas Kuretangin Balega Piaman ini,” tutur Mardison. (R-01/rel)