Tekno  

BeReal Tidak Toxic? Kenali Aplikasi Medsos Teranyar yang Punya Fitur Asyik Untuk Kamu Pakai

BeReal Tidak Toxic
BeReal Tidak Toxic

HALOPADANG.ID — Jagad media sosial kini sedang ramai memperbincangkan soal aplikasi BeReal. Bisa dikatakan, hal ini kini tengah viral.

Dalam perbicangan para warganet tersebut, mereka menilai aplikasi ini merupakan media sosial yang tidak “toxic”

Beberapa konten kreator yang memperbincangkan ini, dari penelusuran halopadang, mereka menganggap BeReal merupakan media baru yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan pendahulunya, seperti TikTok, Twitter, Instagram dan lainnya.

Pada artikel kali ini, halopadang akan menindaklanjuti pembahasan medsos baru tersebut menyusul ulasan sebelumnya yang telah membahas soal cara pakai aplikasi BeReal. Kupasan ini ini tentunya lebih dalam.

Soal keuntungan sekaligus risiko-risikonya, kamu yang meminatinya tentu harus mengetahui soal pemakaian aplikasi BeReal. Hal ini tentunya bisa sekaligus memastikan bahwa aplikasi BeReal ini benar-benar media sosial yang tidak “toxic”

Pertama, kita bahas soal tampilan Aplikasi BeReal

Jika dilihat secara desainnya, aplikasi ini memiliki warna warna monokrom yaitu hitam dan putih sesuai dengan rancangannya.

Halopadang juga menilai aplikasi BeReal mudah dioperasikan karena jumlah fiturnya tergolong minim sehingga kesannya jadi lebih sederhana.

Untuk tampilan kontennya, BeReal-pun hanya punya dua jenis, yakni yakni “My Friends” dan “Discovery“.

Kedua, Aplikasi BeReal Mudah Terhubung dengan Orang Terdekat

Soal konektivitasnya, aplikasi BeReal ternyata punya kemampuan yang membuat si pengguna lebih gampang terhubung dengan orang terdekatnya.

Yang memudahkan lainnya, ada pada tombol add friends. Tombol ini tampilannya cukup besar di bagian kanan atas pada tampilan utama aplikasi BeReal dan langsung menghubungkan si pengguna dengan daftar kontak yang ada di smartphone mereka.

Karenanya, si penggunanya akan akan jadi lebih gampang terhubung dengan orang terdekat melalui aplikasi BeReal tersebut.

Ketiga, soal Konten yang tergolong Sederhana

Jika kita membahas tentang konten pada aplikasi BeReal ini, Halopadang melihat nantinya para pengguna akan menerima hal-hal yang sederhana.

Dengan batasan waktu maksimal dua menit, pengguna aplikasi BeReal hanya memiliki waktu terbatas untuk mengambil foto menggunakan kamera depan maupun kamera di bagian belakang smartphone mereka .

Aplikasi BeReal, dari penelusuran halopadang hanya mencatat segelintir orang yang memikirkan tingkat estetika dari konten yang diposting. Mayoritas, hanya mempertontonkan situasi paling terbaru yang akan di hadapan mereka sendiri

Contoh postingan konten sederhana di aplikasi BeReal.
Contoh postingan konten sederhana di aplikasi BeReal.

Keempat, Tidak Terpaku dengan Likes

Berbeda dengan media sosial lain, BeReal justru tidak menghadirkan fitur Likes saat media sosial lainnya mengandalkan fitur likes atau love di masing-masing platformnya.

Artinya, dengan kondisi demikian si pengguna hanya bisa memberikan reaksi kepada postingan orang-orang di platform tersebut dan mereka tidak perlu terpaku dengan jumlah likes.

Dengan demikian, orientasi “berburu” likes yang selama ini jadi beban, tak akan mempengaruhi sikap kalian saat hendak memposting hal-hal yang kalian inginkan.

Kelima, Privasi Pengguna

Berkaitan dengan risiko yang mungkin terjadi, halopadang melihat dari cara kerja aplikasi BeReal seperti memaksa para penggunanya untuk membagikan kegiatan yang real time.

Dari sana, seolah para pengguna aplikasi BeReal seperti diminta untuk memberi informasi real time soal kegiatan dan lokasi mereka berada. Hal ini ditunjukkan dari fiturnya yang bisa menyematkan titik lokasi sebelum mereka mengunggah konten

Dengan begitu, halopadang menilai bahwa cara kerja aplikasi BeReal akan cukup berisiko terhadap privasi penggunanya karena membuka kans kelompok tertentu yang hendak melakukan kejahatan memantau aktivitas si pengguna. Mereka yang hendak melakukan kejahatan, dapat memantau dan mengetahui posisi kalian.

Dari sana, halopadang menarik kesimpulan soal aplikasi BeReal yang patut diingat, yakni;

  1. Sudah bisa dipakai di HP Android dan iOS
  2. Tampilan sederhana
  3. Konten tidak perlu estetik
  4. Tidak perlu pusing memikirkan jumlah likes
  5. Koneksi ke teman dekat lebih mudah
  6. Potensi aktivitas dipantau oleh penjahat digital

Jadi kira-kira pendapat kalian semua gimana ya? Apakah aplikasi BeReal adalah media sosial yang tidak toxic? (HP-001)