Sebanyak 23 Orang Dilaporkan Tewas Dalam Kecelakaan di Agam

ilustrasi. IST

HALOPADANG.ID – Peristiwa kecelakaan di Agam, dalam hal ini wilayah hukum Polres Agam tercatat meningkat tajam. Sejak Januari hingga Agustus 2022 ini, sudah tercatat 105 kasus kecelakaan. Padahal, di periode yang sama tahun sebelumnya, cuma ada 81 kasus.

“Total ada 105 kasus laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polres Agam selama bulan Januari-Agustus tahun 2022. Jumlah ini cukup meningkat dibanding dengan tahun lalu yang hanya 81 kasus dalam waktu 8 bulan,” kata Kasat Lantas Polres Agam, Iptu Apriman Sural.

Ia mengatakan, kasus kecelakaan lalulintas yang terjadi pada Januari-Agustus 2022, setidaknya menimbulkan korban sebanyak 31 orang, dengan rincian kondisi meninggal dunia 23 orang, luka berat 4 orang, dan 4 orang luka ringan.

Secara materi,  total kerugian akibat kejadian tersebut tercatat sebanyak Rp552.300.000.

“Total kerugian juga meningkat pada tahun ini dibandingkan dengan tahun 2021 yang hanya sebanyak Rp 221 juta dari 81 kasus,” ujarnya.

Ia mengakui, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas ini terjadi di jalan nasional yang melewati 4 wilayah kecamatan di Agam yakni Kecamatan Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, Ampek Nagari, dan Palembayan.

Selain tingginya volume kendaraan di jalur penghubung Padang-Pasbar itu, kasus laka lantas terjadi disebabkan oleh faktor pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas.(HP-002)