Polisi di Dharmasraya Diterjunkan Tekan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki di Hewan Ternak

HALOPADANG.ID – Diduga dengan meningkat Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak kususnya pada ternak sapi di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, anggota Bhabinkamtibmas Polres Dharmasraya melakukan pengecekan dan pemeriksaan bersama petugas kesehatan hewan.

Pengecekan dilakukan terhadap peternak khususnya sapi di berbagai tempat yang berada di wilayah hukum Polres Dharmasraya, sehingga sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, S.Ik melalui Kasi Humas Ipda Marbawi mengatakan, upaya pencegahan adalah dengan mendatangi warga peternak bersama dinas terkait, sehingga Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dapat diminimalisir.

Kegiatan tersebut bermaksud agar hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat tidak terdampak virus Penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pihaknya menghimbau kepada warga untuk selalu koordinasi dengan petugas kesehatan hewan, apabila terjadi gejala PMK untuk memberitahukan atau menginformasikan kepada petugas hewan.

“Kemudian memastikan kesehatan hewan ternaknya tetap baik dan sehat dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya petani ternak,” katanya.(HP-001)