Tekno  

Mau Main Saham? Yuk Kenali Dulu Aplikasi Saham Terbaik OJK Biar tak Salah Pilih

Aplikasi Saham Terbaik
Aplikasi Saham Terbaik

Berbagai bentuk aplikasi untuk beradu peruntungan melalui jual beli saham belakangan terus bermunculan. Berbagai macam pula rupa dan janji-janji yang disampaikan ke publik. Tentunya, untuk bisa memulai, publik perlu mempelajari dengan cermat agar budget yang disiapkan tak sia-sia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga regulator terhadap badan-badan yang menghimpun dana publik ternyata sudah punya platform aplikasi soal saham. Aplikasi saham itu bisa dikatakan terbaik demi transaksi yang bisa dipertanggungjawabkan, sehingga dana kita bisa aman.

Sebenarnya, “bermain saham” bisa disebut sebagai usaha sampingan demi menambah pendapatan rutin seperti gaji yang memang jadi pemasukan primer, baik sebagian kalangan. Demi keamanan agar dana yang kita “mainkan” tepat guna, tak salah untuk mempertimbangkan guna melakukan investasi.

Untuk itu, kita mestinya memastikan platform yang akan jadi sasaran memang sudah terdaftar di OJK atau belum. Hal ini penting agar terjamin secara legal. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan besar dari platform ilegal dan liar yang banyak bermunculan.

Aplikasi Saham Terbaik OJK, Bagian Penting Sebelum Memulai “Main Saham”

Seperti banyak diketahui, anak-anak muda kini banyak menggandrungi investasi saham. Cukup populer malah kendati belum diiringi dengan pengetahuan yang tepat untuk memahami cara memanfaatkan aplikasi ini, terutama dari aspek legal. Masih banyak yang kurang paham mengenai aplikasi legal untuk investasi.

Penggunaan smartphone yang tinggi di seantero dunia ini juga berbanding lurus dengan tingginya pemakaian platform investasi tersebut. Di antara banyak yang kurang paham, sebagian lainnya sudah memilih aplikasi legal dan mengakses dari telepon pintar miliknya.

Seperti diketahui, kehadiran smartphone tersebut memberi kemudahan kepada publik untuk mengakses banyak aspek, termasuk kemudahan dalam hal investasi. Hal ini juga diiringi dengan peningkatan jumlah transaksi saham di seluruh dunia.

Merujuk dari grafik itu, tentu sangat tepat jika si peminat belajar lagi dan mencoba aplikasi saham terbaik OJK? Walau investasi memang sudah menawarkan peluang keuntungan, tetap saja kiranya kita harus belajar untuk menjadi bekal dan tidak jadi korban akal-akalan aplikasi bodong yang menawarkan sejuta pesona.

Agar penggunaanya menjadi efektif, para peminat perlu mendaftar dulu di awal agar dapat menyetorkan sejumlah uang memulai aktivitas investasi. Tapi ingat, setiap platform aplikasi investasi ini punya fitur-fitur tersendiri. Jadi, kenali benar lah dulu fitur-fitur tersebut. Lalu kita menyesuaikannya sesuai dengan keperluan yang akan kita lakukan.

Contohnya begini, si peminat bisa membandingkan setiap platform dengan masing-masing fiturnya, mulai dari biaya transaksi, kecanggihan fitur hingga layanan keamanan yang ditawarkan. Sekali lagi, publik mestinya memastikan memilih platform yang sudah terdaftar dan dilindungi oleh OJK. Ini dia contohnya.

Stockbit, Aplikasi dari Forum Online

Pendiri aplikasi ini adalah Wellson Lo dan Johny Susanto tahun 2013 silam. Aplikasi ini merupakan salah satu platform legal yang dapat dipilih oleh si peminat karena bisa disebut mirip media sosial bagi para investor.

Awalnya, Stockbit adalah platform yang dapat menjadi media bagi analisis dan review tentang saham dari para investor. Sebagai media, stockbit yang awal mulanya berupa forum diskusi para investor, maka lama kelamaan menjadi berkembang dan diminati.

Belakangan, aplikasi ini dirasa cukup memberikan pengaruh kuat terhadap harga di pasar modal. Hal ini tak lepas dari konten berupa riset dan analisa yang dilakukan oleh masyarakat yang kemudian membantu dalam pengambilan keputusan investasi untuk masyarakat itu sendiri.

Karenanya, para pengambil kebijakan Stockbit memutuskan untuk mengembangkannya menjadi aplikasi saham terbaik OJK. Hal ini diawali dengan tautan kerja sama bersama Sinarmas sekuritas dan berlangsung hingga tahun 2021.

Selesai jalinan dengan Sinarmas Sekuritas, Stockbit menata kerja sama dengan Mahakarya Artha Sekuritas. Dari kerja sama ini, mereka bersepakat mengganti nama menjadi Stockbit Sekuritas Digital. Dari rancangan yang dibangun, mereka menyajikan cukup banyak fitur dengan peluang keuntungan yang dapat diperoleh.

Pada aplikasi ini, nantinya si peminat dapat menikmati fitur trading saham basic, media sosial investor, dan Stockbit Pro. Dalam penjelasannya, pada fitur trading basic, anda-anda semua bakal menemui chart, orderbook, watchlist saham, dan data emiten. Selain itu, mereka juga menyajikan berita berkaitan dengan pasar modal yang bisa menjadi panduan si calon pemodal.

Lalu, untuk fitur media sosial investor, si peminat dapat menikmati konten untuk komunikasi dengan investor lain. Dengan terbukanya ruang interaksi tersebut, para pemula bisa terbantu mendapatkan analisis dari para investor dan trader yang sudah bergerak sebelumnya.

Selain itu, anda juga dapat membuat status, polling, prediksi dan lainnya. Ya bak bermedia sosial-lah, seperti media sosial lainnya. Artinya, aplikasi ini bukan sekedar ber-Stockbit untuk aktivitas jual beli saham.

Terakhir, di fitur Stockbit Pro para pengguna akan mendapatkan berbagai fitur khusus lho. Misalnya Bandarmology, Hotlist, Key Start, Seasonility dan lain sebagainya. Namun, untuk bisa menikmatinya, anda harus merogoh kocek untuk biaya langganan agar dapat mengakses fitur Pro ini.

IPOT (Indo Premiere Online Technology)

Berikutnya, IPOT. Aplikasi ini adalah aplikasi saham terbaik OJK yang dibesut Indo Premier Technology dan diluncurkan tahun 2007. Indo Premier Technology ini sendiri merupakan salah satu sekuritas terbesar di tanah air.

Melalui aplikasi ini, mereka menawarkan kemudahan bagi peminat untuk bertransaksi saham serta lebih cepat. Yang jelas, proses pendaftaran yang harus dijalani oleh calon investor juga tidak sulit. Dalam aplikasi ini ada beragam fitur yang tersedia yang nantinya akan membantu calon investor untuk lebih mendalami mengenai investasi sebelum mengeksekusi rencananya.

Ketika mengunduh IPOT, anda bakal mendapatkan tampilan aplikasi yang detail, lengkap dan yang pastinya, menarik. Dalam aplikasi ini, pengelola menawarkan proses download yang gratis dimana nantinya mereka akan tergabung dalam satu aplikasi mobile.

Baca Juga Aplikasi Kamera Tembus Pandang

Melalui aplikasi ini, peminat akan menikmati pembukaan rekening digital dan materi investasi dalam bentuk riset, informasi pasar, laporan keuangan, full charting sampai Robo Trading dan Fund Evaluator. Untuk memudahkan, kami sajikan fitur lengkapnya untuk anda.

Pertama, Robo Trading. Dengan adaya fitur ini, pengguna akan termudahkan karena ada gusngi otomatisasi perintah pada transaksi jual beli saham yang ada berdasarkan harga yang ditetapkan oleh pengguna. Dengan demikian, mereka nantinya bisa menangkap momen penting dalam berinvestasi, kendati sedang tidak memantau langsung melalui fitur Robo Trading di aplikasi saham terbaik OJK itu

Berikutnya adalah Charting. Di aplikasi ini, perancangnya memberikan informasi yang memuat indikator, tools lengkap hingga kalender aksi korporasi. Informasi itu mereka sampaikan melalui notifikasi untuk mendukung keputusan investasi pengguna dan mereka tak ketinggalan momentum. Dari fitur ini, anda dapat menerima informasi pergerakan harga hingga prediksi di masa mendatang.

Yang ketiga adala Bebas Transaksi. Pada fitur ini, anda dapat melakukan transaksi dengan harga dan jumlah yang bebas tanpa ada batasan oleh pengelola. Kalau ingin bertransaksi multiorder, ya monggo-monggo aja. Fitur aplikasi saham terbaik OJK ini nantinya akan dapat membantu meningkatkan peluang profit dari si peminat.

Lalu yang keempat, ada berita dengan Hasil Riset. Oleh tim IPOT, fitur ini menawarkan berita ekonomi dan keuangan yang diciptakan melalui riset mendalam yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan nasabah dana mengambil kebutuhan terhadap sahamnya, apakah ini momentumnya menjual apa membali.

Dan yang terakhir, Laporan Transaksi. Fitur ini anda bisa mendapati rekam jejak transaksi termasuk laporan gain atau loss secara detail dan lengkap lho. Informasi ini akan tetap diterima walau transaksi yang anda lakukan sudah berlangsung di waktu yang lama, termasuk ketika anda baru pertama kali mengaktifkan akun.

Ajaib, Aplikasi Saham Terbaik OJK.

Aplikasi ini dibangun dan dikelola Ajaib Group. Perusahaan ini juga menaungi Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas, dimana perusahaan ini menawarkan layanan investasi saham dan reksadana. Dengan demikian, para pengguna nantinya dapat menikmati dua layanan itu dengan mudah, hanya melalui satu aplikasi.

Nantinya, setiap pengguna akan dikenakan biaya biaya administrasi transaksi rendah. Contoh, ketika transaksinya ada di bawah Rp150 juta, maka tarif administrasinya hanya mencapai 0,1 persen saja. Sebagai catatan, tarif itu akan semakin rendah jika transaksi harian yang kamu lakukan juga semakin berlipat.

Mereka juga memberikan informasi sekaligus panduan panduan dan rekomendasi mengenai investasi agar peminat memanfaatkannya untuk mengambil keputusan memilih saham yang hendak dijual atau dibeli. Mereka juga memberikan notifikasi lho… . Notifikasi ini mengabarkan waktu jual atau beli paling bagus. Dengan adanya informasi tersebut, membuka kemungkinan nasabah memperoleh keuntungan jauh lebih besar, termasuk resiko.

Para peminat hanya perlu menyediakan dana Rp10 ribu saja saat hendak melakukan investasi di Ajaib. Ini batas minimal. Ini tentu sangat menguntungkan karena tidak perlu memikirkan banyak dana ketika ingin memulainya.

Jadi, jangan beranggapan investasi sebagai aktivitas mahal karena saat ini sudah dapat dilakukan dengan dana di bawah satu juta rupiah saja. Kalau kamu memilih Ajaib, tidak perlu menyediakan deposit dana awal. Hal ini jelas berbeda dengan aplikasi lain, dimana nasabah perlu melakukan deposit awal dengan ketentuan nominal tertentu pula.

Selain terdaftar dan dilindungi OJK, Ajaib juga sudah mengantongi izin operasi dari Indonesia Stock Exchange (IDX).

RTI Business, Aplikasi Andalan Para Investor

Yang keempat adalah RTI Business. Biasanya, aplikasi yang menjadi andalan pihak-pihak yang telah menjadi investor sebelumnya. Aplikasi ini memanjakan para user karena memberikan fitur lengkap, akses mudah dengan penyajian data mudah dipahami. Hasil ini diyakini dapat membantu si pemula lebih mudah menganalisis pasar atau saham

Menurut berbagai kalangan, aplikasi ini menawarkan data secara akurat, detail dan disajikan realtime. Karena banyak sekali data penunjang yang ditawarkan, tentunya dapat menuntun si pemula mengetahui fluktuasi nilai saham yang tengah berkembang.

Selain itu juga ada berita yang menjadi salah satu hal penting dalam berinvestasi dan ini jadi unggulan RTI Business mengenai fitur berita untuk para nasabahnya. Berita tersebut juga memuat aksi korporasi. Misalnya saja mengenai jadwal IPO, pembagian dividen, penjatahan saham sebelum RUPS dan lain sebagainya.

Selain itu, RTI Business juga masih memiliki fitur lain yang disajikan, seperti market, movers, berita, mata uang, grafik dan lain sebagainya. RTI Business ternyata juga punya fitur virtual trading yang memungkinkan kamu untuk bertransaksi memakai data virtual.

BIONS, Besutan PT BNI Sekuritas

Aplikasi ini menjadi milik salah satu bank di Indonesia menyelenggarakan anak perusahaan sekuritas, yakni melalui PT Bank Negara Indonesia, Tbk. Nama anak perusahaannya ditunjuk oleh bank plat merah ini adalah PT. BNI Sekuritas.

Mereka, menawarkan layanan digital berupa BIONS (BNI Sekuritas Innovative Online Trading System) sejak tahun 2019. Mereka, punya karakteristik sendiri, yakni mengakomodasi transaksi perdagangan saham, obligasi hingga reksa dana. Selain itu, mereka juga punya fitur lain, di antaranya finger print log in, automatic order, news, research, hingga chart. Untuk mengenal fiturnya tersebut, kami akan menjelaskan satu per satu.

Finger print log in. Pada fitur ini, pengguna bisa log in menggunakan biometric sidik jari. Dengan kemudahan itu, proses log in dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis.

Lalu, Automatic order. Fitur ini dirancang guna menjalankan transaksi saham berdasarkan keadaan yang sudah ditetapkan. Ini memudahkan pengguna memantau tanpa harus memperhatikan pergerakan saham setiap saat.

Selain itu, fitur watch list notes pada aplikasi ini dapat menyimpan catatan tiap saham yang sedang dipantau. Bagi pengguna android, BIONS dapat diunduh melalui Google Play Store dengan nama BIONS Mobile.

Samahalnya dengan aplikasi sebelumnya, di sini anda juga dapat mengakses berita aktual secara real time yang membantu menentukan rekomendasi saham. (*)