Tokoh Masyarakat Pariaman Digembleng Pendidikan Politik

HALOPADANG.ID – Pendidikan Politik itu penting, dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi, karena dengan pemahaman yang baik dari tokoh-tokoh masyarakat, diharapkan dapat menciptakan situasi yang kondusif, yang dimulai dari daerah sampai ke pusat.

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar ketika membuka kegiatan Pendidikan Politik Bagi Tokoh Masyarakat di Kota Pariaman, dimana acara ini difasilitasi oleh Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Hotel Safari Inn, Pantai Kata, Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan, Minggu (27/3).

“Kegiatan Pendidikan Politik ini juga menjadi langkah dalam rangka meningkatkan partisipasi politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, guna mewujudkan tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan,” ujarnya.

Genius mengatakan perlunya upaya yang terus menerus dalam menguatkan nilai-nilai normatif agama dan budaya bangsa, termasuk meningkatkan fungsi dan tanggung jawab semua elemen masyarakat, khususnya tokoh masyarakat, dalam kehidupan demokrasi, dalam upaya mewujudkan cita-cita masyarakat, bangsa dan negara.

“Oleh karena itu, Besar harapan kami dalam kegiatan ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik bagi tokoh masyarakat yang mengikuti acara ini, karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan, serta kemampuan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing,” tukasnya.

Terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Tahun 2024 mendatang, Genius menuturkan Pendidikan politik ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan hak-hak politik dan kewajiban sebagai warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.