Keliling Sawahlunto Sebar Bantuan, Andre Rosiade: Apapun Partainya, Mari Bangun Sumbar

HALOPADANG.ID – Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade memuji Kota Sawahlunto sebagai daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Apalagi setelah resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO 2019 lalu.

“Sawahlunto adalah kota yang memiliki banyak sejarah dan peninggalan sejarah tambang yang mendunia. Kami sebagai anggota DPR RI siap bekerja sama dengan Pemko Sawahlunto dan semua piha untuk mengembangkan dunia pariwisatanya,” kata Andre Rosiade saat berkunjung ke sejumlah titik di Kota Sawahlunto, Kamis (23/12/2021).

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu seperti biasa juga membagi-bagikan bantuan untuk lokasi yang dikunjunginya. Bahkan, selama di kota arang itu, Andre Rosiade didampingi Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti dan Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu. Sekretaris DPD Gerindra Sumbar yang juga Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman juga setia mendampingi.

Mengawali kunjungannya, Andre Rosiade menjadi sakai dan menghadiri resepsi pernikahan keluarga dari stafnya di Desa Rantih, Kecamatan Talawi. Cukup ramai warga yang turut menyaksikan kegiatan, jelang Andre bertolak mengunjungi SDIT Cahaya Pelangi milik Yayasan Khairu Ummah di Dusun Talago, Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi. Andre menyalurkan  bantuan Rp50 juta, yang diterima Ketua Yayasan, Alfi Syukri.

Baca Juga :  KPU Sumbar Umumkan 65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2024-2025

Menurut Andre, bantuan yang diberikan murni untuk mendukung pendidikan bagi generasi bangsa terlepas dari urusan kepartaian. “Kita tidak memandang warna atau partai politik. Apapun partainya, mari kita saling support dan bantu untuk kemajuan Kota Sawahlunto dan Sumatra Barat umumnya. Siapapun yang memberikan aspirasi meminta bantuan kepada kami, Insya Allah akan kami bantu,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sesuai amanah Ketum Gerindra Prabowo Subianto, lanjut Andre, Partai Gerindra ada untuk masyarakat dan hadir sebagai solusi di tengah masyarakat. “Kita akan selalu hadir dan ada untuk masyarakat. Dalam Pemilu boleh beda pilihan, tetapi setelah selesai mari kita bersama-sama, bergotong-royong membangun Sumbar. Karena Sumbar tidak bisa dibangun hanya oleh satu kelompok saja,” katanya.

Sebab, katanya, jika tidak dilakukan secara bersama-sama maka Sumbar akan jauh tertinggal dari provinsi lain. “Kami sudah berkomitmen, Andre Rosiade hadir untuk masyarakat sebagai solusi untuk masyarakat,” sebut Andre Rosiade yang melanjutkan kunjungan ke KONI kota Sawahlunto.

Baca Juga :  Jalur Kereta Api Kayu Tanam-Bukittinggi Direncakan akan Diaktifkan Lagi

Alfi Syukri, Ketua Yayasan Khairu Ummah memyebutkan, Andre Rosiade adalah Aleg (anggota legislatif) asal Sumbar yang sering tampil dan berprestasi di tingkat nasional. “Terima kasih pak Andre Rosiade telah membantu tempat pendidikan kami yang telah berdiri sejak 2012 ini,” kata Alfi.

Di Kantor KONI Sawahlunto, Andre Rosiade memberikan bantuan untuk pengembangan sarana dan prasarana olahraga Sawahlunto sebesar Rp50 juta. Bantuan diterima Ketua KONI Sawahlunto Kapten Inf (Purn) Muryanto. “Terima kasih pak Andre Rosiade atas bantuannya kepada KONI Sawahlunto,” kata ketua KONI.

Andre Rosiade juga memberikan bantuan untuk KAN (Keraparan Adat Nagari), Kecamatan Silungkang Rp200 juta. Di sana, Andre Rosiade menyatakan kesediaannya untuk siap dimanfaatkan oleh Pemko Sawahlunto dalam menjemput kebijakan dan anggaran dari pemerintah pusat.

Ketua KAN Sawahlunto Yusri Malin Malano berterima kasih atas bantuan Andre. Bahkan ini adalah yang kedua kali pascabantuan untuk Pasar Sawahlunto. “Kami hadir di sini semua pengurus KAN Silungkang, pedagang pasar, tokoh masyarakat dan bundo kanduang. Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari pak Andre Rosiade. Semoga terus peduli kepada Silungkang,” katanya.

Baca Juga :  Jalur Kereta Api Kayu Tanam-Bukittinggi Direncakan akan Diaktifkan Lagi

Malamnya, Andre Rosiade bertemu dengan Wawako Zohirin Sayuti saat jamuan makan malam di Rumdis Wako Sawahlunto. Bahkan, Zohirin Sayuti mengarahkan kepada para jajaran pimpinan OPD untuk berkoordinasi dengan Andre Rosiade guna bersinergi untuk menjemput kebijakan dan anggaran dari pemerintah pusat.

“Tugas kami sebagai anggota DPR RI, menjadi duta besar dari masyarakat Sumbar untuk berhubungan dengan pemerintah pusat. Hal itulah yang sedang kami jalankan, termasuk memfasilitasi Wali Kota Sawahlunto untuk bertemu dengan Kementerian dan BUMN,” ujar Andre Rosiade.

Wawako Zohirin memuji kinerja dan komitmen Andre Rosiade dalam pembangunan Sumbar. “Telah sama-sama kita lihat dan rasakan bagaimana komitmen dari bapak Andre Rosiade dalam mendukung dan membantu Kota Sawahlunto. Tentu kita berharap, hubungan baik ini harus terus berlanjut dan ditingkatkan,” urai Wawako. (HP-002)