Cuaca Ekstrem di Agam, BPBD Laporkan Ada Tiga Peristiwa Pohon Tumbang

HALOPADANG.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat sebanyak tiga titik pohon tumbang melanda Kecamatan Lubukbasung, Kamis (16/12) pagi, akibat curah hujan tinggi disertai angin kencang melanda daerah itu.

“Pohon tumbang mengakibatkan satu unit rumah rusak tertimpa pohon dan menimpa badan jalan provinsi penghubung Lubukbasung menuju Bukittinggi,” katanya.

Ia mengatakan, satu unit rumah rusak itu berada di Kampuang Tabuah, Jorong II Garagahan, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung. Rumah milik Dedet Sutan Mudo (48) mengalami rusak pada bagian atap dapur, kamar, dan gudang. Sedangkan titik lain berada di Bukik Apik, Nagari Parik Panjang Kecamatan Matur dan Panta Pauh, Nagari Panta Pauh, Kecamatan Matur.

Baca Juga :  Koto Panjang Masuk Tiga Besar Nominasi Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar

Satgas BPBD Agam bersama pemerintah kecamatan dan nagari melakukan pembersihan material pohon tumbang. “Pembersihan material pohon menggunakan mesin pemotong kayu dan sudah selesai sehingga arus lalu lintas kembali normal,” katanya.

Ia menambahkan, pohon tumbang itu akibat curah hujan disertai angin kencang melanda daerah itu. Sebelumnya, longsor dan banjir juga terjadi di Salareh Aia, Kecamatan Palembayan pada Selasa (14/12). Akibatnya, satu unit jembatan runtuh, jalan provinsi menghubungkan Pasaman Barat menuju Bukittinggi terban dan puluhan rumah terendam banjir.

Dengan kejadian itu, Lutfi mengimbau warga yang tinggal di daerah dataran rendah dan tinggi untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara segera mengungsi ke lokasi lebih aman saat curah hujan cukup tinggi. “Ini dilakukan agar tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu,” katanya.(*)

Baca Juga :  KPU Sumbar Umumkan 65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2024-2025