Hebat, Pasaman Barat Siapkan Program Internet Desa

ilustrasi

HALOPADANG.ID – Internet Desa atau Warung Ides adalah program internet gratis bagi rakyat, yang merupakan kontribusi untuk peningkatan bandwidth per kapita. Keberadaan Warung Ides sudah cukup merata di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Pemerintah Daerah Pasaman Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memberikan akses internet gratis kepada masyarakat. Internet gratis diberikan di tempat atau titik berkumpulnya masyarakat, yang saat ini baru bisa diaktifkan kembali di taman kota areal perkantoran.

“Pemda Pasbar tentunya memberikan pelayanan publik disemua bidang tak terkecuali bidang teknologi informasi. Kita tidak bisa lepas dari digitalisasi, jadi melalui Diskominfo inilah pelayanan publik kami berikan. Insyaallah kedepan, tentunya program internet gratis ini akan kita perluas sehingga masyarakat Pasbar dapat melek teknologi”, ujar Risnawanto, Jumat (5/10).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Pasbar, Edy Murdani, bahwa internet taman kota yang berada di area perkantoran sudah dapat diakses oleh masyarakat. Beberapa titik lainnya, akan segera dirampungkan dalam waktu dekat.

“Saat ini masyarakat Pasaman Barat sudah bisa mengakses layanan internet gratis di taman kota yang berada di depan kantor Pengadilan Negeri. Dan untuk hari libur internet dapat diakses selama 24 jam. Dalam waktu dekat, masyarakat dapat mengakses di tempat lainnya seperti di Bundaran Simpang Empat dan tempat strategis lainnya,”ujar Edy Murdani.

Dikatakannya, masyarakat Pasbar dapat menikmati layanan internet gratis pada pukul 5 sore hingga pukul 7 pagi. Diskominfo memberikan layanan akses internet untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), puskesmas, dan tempat strategis lainnya.

“Internet gratis ini diharapkan, dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas masyarakat Pasbar. Sebab kebutuhan masyarakat terhadap informasi kini telah menjadi hal utama. Melalui sambungan internet gratis ini diharapkan masyarakat Pasbar lebih sejahtera dan mampu bersaing dengan kota-kota besar,” ungkap Edy Murdani.

Warung ides memiliki tiga tujuan penting, yakni peningkatan pendidikan masyarakat melalui kemudahan akses informasi, kedua pemberdayaan ekonomi masyarakat dan menciptakan kominitas digital di pedesaan, ketiga solusi digital village yang mensinergikan pelayanan pemerintah desa dengan masyarakat melalui teknologi informasi dan komunikasi. (HP-002)