Tim Basket Putri 3 x 3 Sumbar Nyaris Torehkan Sejarah di Ajang PON

HALOPADANG.ID  – Perbasi Sumbar menorehkan sejarah menjejakkan timnya ke hingga semifinal PON melalui nomor 3×3 putri. Sayangnya, upaya mereka untuk memboyong medali ke Ranah Minang buyar setelah dikalahkan secara dramatis oleh DKI Jakarta dengan skor tipis 12-11 pada laga perebutan tempat ketiga yang berlangsung Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (14/10/2021).

Pertandingan tersebut berlangsung sangat sengit dan DKI Jakarta memastikan kemenangan kurang dari satu detik sebelum laga berakhir. Sumatera Barat sejatinya tampil sangat baik dengan memimpin 5-0 pada awal laga. Anak-anak DKI Jakarta berusaha mengejar dan sempat memperpendek jarak menjadi 8-9 berkat lemparan Nadya Gumanti.

Namun, Sumbar seakan tak memberikan celah untuk disusul dan Beta Azhari membawa Sumbar menjauh 10-8. DKI Jakarta yang selalu berupaya keras untuk menyusul akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 11-11 berkat tembakan Rahmitha Wijayanti.

Pertandingan makin sengit, tetapi DKI Jakarta menunjukkan mental juara dengan melesakkan poin terakhir melalui tangan Nadya Gumanti, kurang dari satu detik menjelang laga tuntas dan menang 12-11.

Menanggapi hasil ini, Ketua Pengprov Perbasi Sumbar, Ronny Yannes tetap mengapresiasi capaian pebasket Sumbar. Perjuangan Vida Cs ini tergolong luar biasa sekaligus menyelamatkan wajah Sumatera.

“Dari empat finalis di nomor 3 x 3 dan nomor 5 vs 5, hanya Sumbar satu-satunya tim Sumatera yang masuk dalam fase itu. Saat perebutan tempat ketiga dengan DKI pun, kita punya kans untuk memboyong medali. Tapi sayang, hasilnya berubah di detik-detik terakhir. Terima kasih untuk perjuang tim yang saya pikir luar biasa,”katanya. (HP-002)