Dua Spinter Andalan Sumbar Gagal Raih Medali Untuk Tuah Sakato

HALOPADANG.ID — Pertarungan di lintasan atletik PON XX-Papua 2021 sudah dimulai sejak Rabu (6/10/2021) di di Kabupaten Mimika, Papua. Sumbar menaruh harapan lewat beberapa nomor salah satunya dasa lomba. Lewat atlet andalannya, Fauma Depril Jumra memimpin perolehan poin sementara waktu dengan capaian 3.602.

Sayangnya, dua sprinter Ranah Minang atas nama Yaspi Boby (putra) dan Lusiana Satriani (putri) gagal bersaing pada nomor 100 meter. Lusiana yang merupakan peraih medali perak PON 2016 tersingkir di babak kualifikasi dan hanya berada di peringkat 10 dengan catatan waktu 12.16 detik.

Hal yang sama juga terjadi dengan Yaspi Boby, meski lolos ke partai puncak, namun peraih medali emas PON 2016 hanya mampu finish diperingkat lima dengan catatan waktu 10.75 detik. Medali emas di nomor bergengsi ini diraih sprinter handal Indonesia asal Nusa Tenggara Barat, Lalu Muhammad Zochri.

Namun, harapan emas masih ada melalui Fauma yang kini berada di posisi pertama dari delapan atlet yang bertanding pada nomor tersebut. Dominasi atlet asal Pasaman tersebut sudah terlihat sejak awal perlombaan yang mempertandingkan nomor sprint 100 meter, pada nomor ini Fauma sukses menjadi yang tercepat dan mendapatkan poin tertinggi 825.

Meski hanya berada di peringkat tiga nomor lompat jauh dengan poin 700, tolak peluru peringkat dua poin 621, dan poin 653 pada nomor lompat tinggi, Fauma sukses menutup hari pertama pertandingan tersebut dengan menjadi yang tercepat pada nomor 400 meter dan meraih poin tertinggi 803.

Selanjutnya hari terakhir pertandingan nomor dasa lomba akan memperlombakan nomor 110 meter gawang putra, lempar cakram, lompat galah, lempar lembing, dan 1.500 meter putra.

“Mohon doanya sisa pertandingan besok bisa dilalui Fauma dengan baik dan menghasilkan medali emas bagi Sumbar,” kata Manajer Tim Atletik Sumbar, Ediwarman usai pertandingan.

Selain Fauma Depril Jumra yang bertanding pada nomor dasa lomba, hari ini, Kamis (7/10/2021) atlet Bayu Trianata Sari akan bersaing pada final nomor 10.000 meter putri.(*)