Pertama di Indonesia, RSUP M Djamil Padang Gunakan Big Data

HALOPADANG.ID – RSUP M Djamil Padang meluncurkan aplikasi Big Data In Support of Analystical Research (Bigstar). Aplikasi pertama di Indonesia ini berisikan data-data yang dibutuhkan dalam hal penelitian yang inovatif, berbasis bukti dan terpublikasi internasional.

Peluncuran tersebut selain dihadiri jajaran Direksi RSUP M Djamil Padang. Hadir juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D. dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Hj. Emma Yohanna, serta tamu undangan lain.

Direktur utama RSUP M Djamil Padang DR . dr . Yusirwan Yusuf , Sp.B , Sp.BA (K) , MARS menjelaskan, RSUP M Djamil Padang harus bisa menjadi rumah sakit berbasis riset, dan berafiliasi dengan institusi pendidikan di Indonesia.

Diungkapkannya, baru RSUP M Djamil Padang yang memiliki bank data yang dapat dipergunakan oleh para peneliti di Indonesia. RSUP M Djamil Padang diharapkan dapat seperti Johns Hopkins Hospital dan Mayor Clinic di Amerika Serikat yang dapat memberikan data untuk bahan penelitian.

“Jadi, aplikasi Bigstar yang diluncurkan RSUP M Djamil Padang merupakan satu-satunya aplikasi di Indonesia yang menyajikan bahan kajian penelitian yang dapat diakses siapa saja di seluruh dunia,” ucapnya.

DR . dr . Yusirwan Yusuf , Sp.B , Sp.BA (K) , MARS menjelaskan juga, aplikasi Bigstar dibuat didasarkan sulitnya mengumpulkan data sekunder, dan membutuhkan waktu yang lama dalam hal mengumpulkan data rekam medis yang mayoritas berbentuk resume medis. (HP-003)