Pariaman Targetkan Balita Stunting Terus Berkurang Hingga Akhir Tahun 2022

  • Bagikan

HALOPADANG.ID – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) K.H. Ma’ruf Amin, meminta kepada berbagai pihak yang terkait agar segera menyusun “Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting” dengan bertumpu pada 5 pilar, yaitu Komitmen Politik dan Kepemimpinan Nasional dan Daerah, Kampanye Nasional dan Komunikasi Perubahan Perilaku, Konvergensi Program Pusat/Daerah/dan Masyarakat, Ketahanan Pangan dan Gizi, serta Monitoring dan Evaluasi, sebagaimana telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Hal tersebut disampaikan oleh Wapres RI saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bergerak Bersama Untuk Percepatan Pencegahan Stunting Tahun 2021 melalaui video konferensi di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Senin, 23/8, dan juga diikuti oleh seluruh Walikota dan Bupati se-Indonesia secara virtual.

Wapres RI mengatakan bahwa selama tujuh tahun terakhir, pemerintah telah berhasil menurunkan prevalensi stunting di Indonesia dari 37,2 persen pada 2013 menjadi 27,7 persen pada 2019. Saat ini, pemerintah tengah berupaya mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada akhir 2024. Itulah sebabnya Wapres RI meminta kepada berbagai pihakyang terkait agar segera menyusun rencana aksi tersebut untuk target yang diinginkan.

Wapres berharap Rencana Aksi Nasional ini harus dapat mendorong dan menguatkan konvergensi antar program yang selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan oleh berbagai kementerian dan lembaga, oleh karena itu, Rencana Aksi Nasional harus disusun dan disepakati bersama antar kementerian dan lembaga, didiskusikan bersama pakar dan pemangku kepentingan lainnya, serta disosialisasikan kepada para pihak, baik di tingkat pusat maupun daerah.

  • Bagikan