Perenang Sumbar Terus Berupaya Perbaiki Catatan Waktu Jelang PON

HALOPADANG.ID – Serenna Karmelia Muslim, perenang putri Sumatera Barat yang akan turun di cabang olahraga (cabor) renang nomor gaya punggung pada PON XX Papua nanti, intensif berlatih matangkan persiapan.

Itu terpantau oleh Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Sumbar yang bergeser ke tempat berlatih Serenna di Kolam Renang FIK UNP di Air Tawar, Kamis (12/8), usai melihat latihan cabor bola voli, tim voli pasir Sumbar.

Pelatih senior Setiady Tish mengatakan remaja putri yang baru akan berusia 17 tahun itu diharapkan bisa bersaing ketat pada gaya punggung 200 meter. Karena itu, program latihan Serenna difokuskan pada pematangan power dan irama berenang.

“Serenna catatan waktu terbaiknya 2 menit 12 detik, namun itu berenangnya pakai alat bantu di tangan. Kalau tidak pakai alat waktunya 2 menit 23 detik. Catatan waktu itu yang akan kita perbaiki,” jelas Setyadi Tish.

Dikatakan dia, jelang keberangkatan ke Papua, catatan waktu Serenna bakal di tekan lagi.
“Bisa saja dia mencatat waktu 2 menit 15 detik maka bisa bersiang ketat. Artinya Serenna bisa masuk final dan pasti akan bersaing ketat,” katanya.

Untuk itu, Setyadi Tish berharap KONI maupun stakeholder lainnya bisa memberikan fasilitas latihan sebaik mungkin. “Itu yang menjadi kendala kami selama ini. Karena waktu latihan sarana dan prasarana juga bergabung dengan umum tentu kami tidak fokus dan pasti terganggu. Saat ini yang dibutuhkan Serenna itu mematangkan power dan irama berenangnya,” ujarnya.

Tim Monev Kelompok B yang memantau dua cabor itu, menyimpulkan bantuan suplemen, dan massage perlu diupayakan. “Ya, iyalah, atlet-kan butuh kenyamanan dalam persiapan apalagi kini telah memasuki program pra-kompetisi,” tutup Setyadi Tish. (HP-002)