Dunia  

Arab Saudi Izinkan WNI Berhaji, Siapa yang Paling Beruntung?

HALOPADANG.ID – Pemerintah Arab Saudi memberikan lampu hijau bagi WNI untuk menunaikan ibadah haji tahun 2021 ini. Sebelum berhaji WNI tersebut diwajibkan sudah mendapat dua dosis vaksin corona.

Menurut Konsul Haji Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah Endang Jumali, pemerintah Arab Saudi memberlakukan Pelaksanaan ibadah haji yang akan dimulai Sabtu (17/7) ini dengan protokol kesehatan ketat.

Hal ini menjadi patokan bagi 327 warga negara Indonesia yang sudah lama tinggal di Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji di 2021 ini. Itu, data sementara dan kemungkinan bisa bertambah.

Hanya saja, pelaksanaan ibadah haji kali ini memang dikhususkan bagi warga yang menetap di Arah Saudi dengan tempo waktu yang cukup lama.

“Di tahun ini, semua yang menunaikan berhaji tidak ada dari luar Saudi. Seluruhnya dari dalam Arab Saudi sendiri,” kata Endang.

Kendati berada di dalam Arab Saudi, para WNI yang diberi izin tersebut harus tetap menaati peraturan Saudi terkait protokol kesehatan. Hal ini jelas untuk memperkecil ruang penularan Covid. (HP-003)