Sindir Lord Luhut Soal Covid-19, Susi Pudjiastuti Dapat Pujian Ribuan Netizen

Sindir Lord Luhut Soal Covid-19, Susi Pudjiastuti Dapat Pujian Ribuan Netizen

HALOPADANG.ID – Perkara klaim keberhasil penanganan Covid di Indonesia tak selamanya berakhir indah. Menteri sekelas Menko Kemaritiminan dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bisa saja terpeleset. Ketika tiba-tiba ada celah, maka saat itu pernyataan tersebut bisa-bisa jadi boomereng.

Pernyataan Lord Luhut, begitu biasa haters di medsos menyebutnya, soal penanganan Covid-19 di Indonesia sempat menjadi perbincangan hangat. Ia awalnya menyatakan kemampuan pihaknya mampu mengendalikan covid-19. Belakangan, ada respons berbeda.

Hal itu disorot publik, salah satunya mantan menteri, Susi Pudjiastuti. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu memberikan tanggapan terhadap pernyataan Luhut melalui akun Twitter pribadinya pada Kamis (15/7/2021).

Tanpa banyak komentar, Susi hanya berkicau, “Katanya kemarin terkendali.”

Dalam lima jam sejak dibagikan ke Twitter, cuitan Susi telah diretweet dan disukai puluhan ribu kali.

Berita yang dikomentari Susi sendiri menyoroti ucapan Luhut bahwa virus Corona varian Delta tak bisa dikendalikan. Sebelumnya banyak media melaporkan pernyataan LBP tersebut. Luhut menyebutkan betapa ganasnya varian delta virus corona penyebab Covid-19.

Ia menyebutkan Covid varian Delta tak bisa dikendalikan, jauh lebih ganas dari varian alpha yang menyerang saat momen PSBB ke-1 dan PSBB ke-2.

“Saya mohon kita semua paham, dari varian Delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan,” kata Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers virtual, yang dipantau dari Bandung, Kamis, 15 Juli 2021.

Ia memaparkan bukan hanya Indonesia, negara lain seperti Inggris, Belanda, Malaysia, Thailand, sampai Rusia juga mengalami kenaikan luar biasa varian Delta.

“Peningkatan kasus akibat varian delta, jangan lihat Indonesia aja yang kena. Inggris, Belanda kena. PM Belanda kena karena setuju lepas masker. Malaysia sampai hari ini juga delta. Amerika sendiri sekarang terjadi kenaikan luar biasa. Mohon kita paham, varian delta tak bisa dikendalikan,” ujar Luhut seperti dilaporkan suara.

Luhut Tantang yang Bicara Situasi Tak Terkendali

Pada pernyataan sebelumnya lagi, Luhut menyampaikan tantangan bagi pihak yang menganggap Covid-19 tak terkendali.

“Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya sangat sangat terkendali. Jadi kalau yang bicara tidak terkendali bisa datang ke saya nanti saya tunjukin ke mukanya bahwa kita terkendali,” kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021).

Ia tidak menampik bahwa banyak masalah yang terjadi ketika kasus Covid-19 terus merangkak naik. Namun, ia kembali mengingatkan bahwa pemerintah masih bisa menyelesaikan.

Wakil Ketua KPCPEN ini menyebutkan, langkah pemerintah antara lain pelaksanan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang mulai memberikan efek menurunnya mobilitas masyarakat, pelaksanaan vaksinasi yang terus berjalan, hingga pemenuhan ketersediaan obat dan oksigen, serta penyediaan ruang isolasi.

“Bahwa kita punya masalah saya berkali-kali sampaikan, yes, kita punya banyak masalah dan masalah ini kita perbaiki dengan tertib karena tim, saya ulangi, tim bekerja sangat kompak,” tuturnya.

“Jadi presiden memberikan directive yang sangat jelas dan dan kami secara sebagai pelaksana tidak ada masalah.” (HP-004)