UMMY Solok Bersiap Alih Status Jadi Perguruan Tinggi Negeri

HALOPADANG.ID – Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok lakukan persiapan perubahan peralihan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Ketua Badan Pengurus Yayasan, Suryadi mengatakan, saat ini sedang dilakukan persiapan untuk peralihan dan penandatanganan pernyataaan persetujuan seluruh sivitas akademika, baik dosen maupun tenaga kependidikan.

“Saat ini, UMMY Solok akan melakukan persiapan menuju PTN,” ujar Suryadi.

Ia menjelaskan, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) UMMY Solok yang dipersiapkan menuju PTN ini memiliki 4 fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

“Kami minta semua bersabar, semua persiapan menuju PTN akan diupayakan semaksimal mungkin,” ujar Suryadi Asmi, mantan Dirut Bank Nagari ini.

Suryadi mengatakan, UMMY Solok siap menuju PTN, “Insya Allah UMMY Solok siap memenuhi persyaratan yang disyaratkan, dengan harapan bisa menjadi PTN yang dibanggakan nantinya,”katanya.

Suryadi Asmi mengapresiasi seluruh dosen dan tendik dimasa pandemi Covid-19, UMMY masih dapat menyelenggarakan Perguruan Tinggi secara lancar dan terkendali. Sehingga mahasiswa aktif UMMY berjumlah 1400-an baru tetap kuliah, baik dengan daring maupun tatap muka seperlunya.

Sementara itu Rektor UMMY Solok, Prof Dr Ir Syahro Ali Akbar menyatakan sumber daya manusia (SDM) seperti Dosen dan tenaga administrasi serta penunjang akademik tetap yayasan telah menyetujui perubahan status menjadi PTN dan bahkan mereka bersedia menyatakan tidak menuntut untuk diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Penandatanganan pernyataan persetujuan dilakukan, Jumat 19 Juni 2021 lalu dengan disaksikan Ketua Badan Pengurus Yayasan Mahaputra Prof. Muhammad Yamin, SH, Suryadi Asmi SE, MM dan Rektor UMMY Solok, Prof Dr Ir Syahro Ali Akbar, yang dihadiri seratusan dosen dan tendik di Aula UMMY Solok Kampus 1 Jln Jenderal Sudirman, Kota Solok. (HP-001)