10.231 Pelanggaan PLN di Pasaman Dapat Listrik Gratis

listrik gratis
ilustrasi

PASAMAN, HALOPADANG–Sebanyak 10.231 pelanggan listrik daya 450 Volt Ampere (VA) di Kabupaten Pasaman, bakal menikmati listrik gratis dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), selama tiga bulan ke depan, yakni April hingga Juni 2020.

Pembebasan tagihan listrik untuk golongan tertentu ini merupakan buah kebijakan dari Presiden Jokowi sebagai kompensasi atas imbauan kepada masyarakat agar tetap di rumah, imbas dari semakin mewabahnya penyebaran virus corona di negeri ini.

“Total pelanggan daya 450 VA untuk daerah Pasaman wilayah kerja Lubuksikaping, sebanyak 10.231 pelanggan. Itu terdiri atas, pelanggan paskabayar 8.753 dan prabayar 1.477,” ucap Manager PLN ULP Lubuk Sikaping, Aprinaldo, Jumat (3/4).

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran listrik dimaksudkan oleh pemerintah untuk melindungi daya beli masyarakat yang paling terdampak akibat mewabahnya virus corona di Indonesia.

“Untuk pernyataan Presiden sudah jelas. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo. Hanya kami di unit tetap menunggu breakdown, terkait mekanismenya, dari ESDM dan PLN Pusat,” katanya.

Ia menyatakan bahwa PLN siap untuk membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA. Keringanan biaya listrik ini akan berlaku terhitung bulan April-Juni 2020.

“Kalau di lihat dari statement dan edarannya yang daya 900 VA hanya diskon 50 persen. Itu pun bagi tarif R1(bersubsidi). Kalau untuk R1M, kayaknya tidak ada diskon. Tapi kami belum dapat breakdown kepastiannya dari pusat soal ini,” tuturnya.

Salah seorang pelanggan listrik 450 VA, Agustina (38) mengaku gembira dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan pembebasan hingga pemberian diskon tarif listrik kepada masyarakat pasca menyerebaknya wabah Corona atau Covid-19 di tanah air.

“Alhamdulillah, senang, bahagia. Berarti bisa menghemat pengeluaran tiga bulan ini. Terima kasih Bapak Presiden,” ujar ibu dua anak ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan akan membebaskan tagihan listrik untuk golongan tertentu. Hal ini sebagai kompensasi atas imbauan pemerintah kepada masyarakat agar tetap di rumah.

Jokowi mengatakan, pemerintah menetapkan pelanggan listrik di golongan 450 VA akan digratiskan. Jumlah pelanggan listrik ini diperkirakan mencapai 24 juta pelanggan se Indonesia. Kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat khususnya untuk golongan menengah ke bawah. (hp/yud)