Terkait Corona, 26 Siswa Lemdikpol di Asal Sumbar di Karantina di SPN Padang Besi

calon siswa polisi
Ilustrasi SPN Padang Besi

PADANG, HALOPADANG–Terkait dengan hasil rapit test 300 siswa Lemdikpol Sukami terindikasi positif corona. Sebanyak 26 siswa Setukpa yang berasal dari Sumbar dipulangkan, dan kini menjadi karantina di SPN Padang Besi, Kota Padang.

“Siswa Setukpa yang menjalani pendidikan di Setukpa Lemdikpol Sukabumi sebanyak 46 orang dan hanya 26 orang yang dipulangkan dan sisanya 20 orang lagi tengah menjalani pemeriksaan di sana,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto di Padang, Rabu (1/4).

Ia menjelaskan ada 26 orang siswa Setukpa asal Sumbar yang dipulangkan ke daerah pengiriman untuk menjalani cuti pendidikan. Sesuai dengan protokol pananganan pandemi COVID-19, siswa yang dipulangkan menjalani karantina selama 14 hari

“Hanya 26 orang yang dipulangkan dari Sukabumi dan langsung menjalani karantina selama 14 hari di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Padang Besi,” kata dia.

Ia mengatakan memang aturannya begitu dalam penanganan COVID-19, setiap yang datang dari luar Sumbar harus dikarantina dulu baru dikembalikan kepada keluarga untuk menjalani cuti pendidikan.

Sementara untuk 20 orang siswa yang belum dipulangkan ke Sumbar, pihaknya belum mendapatkan informasi pasti apakah positif corona atau tidak.

Ia mereka masih menjalani isolasi dan pengecekan kesehatan di Setukpa Lemdikpol Sukabumi.

“Memang kita dapat informasi ada 300 orang siswa yang diisolasi di Sukabumi setelah hasil “rapid test” dinyatakan positif COVID-19. Kita belum tahu, apakah 20 siswa asal Sumbar yang belum dipulangkan itu masuk dalam yang 300 orang itu, belum tahu kita,” kata dia

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan hasil rapid test terhadap1.550 siswa Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol), sebanyak 300 di antaranya positif COVID-19.

“Dari 300 siswa SIP yang positif COVID-19 melalui pemeriksaan cepat ini, sudah dilakukan isolasi khusus di Setukpa Lemdikpol Sukabumi,” kata dia.(hp/rsa/ant)