Diizinkan Gugus Tugas Sekolah Tatap Muka, Padang Panjang Merespons

HALOPADANG.ID — Lampu hijau yang diberikan pemerintah pusat untuk memulai sekolah tatap muka di masa pandemi Covid-19 langsung ditanggapi pemerintah Padang Panjang. Kamis pekan depan, Padang Panjang rencananya akan membuka sekolah tatap muka di jenjang pendidikan yang menjadi kewenangan mereka, SD dan SMP.

Dalam rilisnya, untuk mempersiapkan pelaksanaannya, pemerintah setempat telah menyiapkan segara sesuatu untuk kepentingan sekolah yang mengacu ke protokol kesehatan. Semuanya, kata Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dalam rilis tersebut akan diperhatikan, mulai dari sistem pembelajarannya, jarak antara siswa, tempat pencuci tangan dan fasilitas lain.

“Kalau perlu orang tua antar jemput anak. Dengan begitu, mereka tak akan berkeliaran sepulang sekolah. Dan mereka juga tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jam pulang juga diatur untuk menghindari penumpukan warga di sekolah,”kata Wali Kota yang juga Ketua KNPI Sumbar ini.

Memperhatikan protokol kesehatan itu, kata Fadli, menjadi bagian penting dalam proses  belajar tatap muka ini agar nantinya tak tercipta klaster-klaster baru di sekolah. Jangan sampai baru mulai pembelajaran tatap muka timbul lagi kasus positif Corona.

“Sebelumnya, guru-guru akan menjalani test usap untuk memastikan mereka terbebas dari Covid sebelum beraktifitas,”ujarnya. (HP-001)