Kejati Sumbar Fokus Kawal Pilkada dan MTQ Nasional

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Amran saat memberikan keterangan pers di Padang, Rabu (22/7/2020)

HALOPADANG.ID — Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kejati Sumbar) menjadikan ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan even Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional XXVIII tahun 2020 sebagai fokus khusus untuk dikawal pelaksanaannya.

“Kejati Sumbar akan mengawal serta menyukseskan dua kegiatan tersebut sebagai agenda khusus, dengan catatan itu dilakukan sesuai kewenangan kejaksaan,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar, Amran di Padang, Rabu (22/7/2020)

Hal itu dikatakannya usai menggelar peringatan Hari Bhakti Adhiyaksa ke-60 di Kantor Kejati Sumbar, bersama Wakajati Yusron, AsistenIntelijen Teguh Wibowo, Asisten Pidana Khusus M Fatria, dan lainnya.

Ia menambahkan khusus untuk pelaksanaan Pilkada serentak kejaksaan akan memaksimalkan perannya melalui Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang tergabung bersama kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu.

“Melalui sentra Gakkumdu jaksa akan memaksimalkan perannya, benar-benar harus mengkaji, memahami serta menguasai aturan untuk menentukan apakah sebuah pelanggaran yang terjadi termasuk pidana atau pelanggaran Pemilu biasa,” jelasnya.

Ia menegaskan jaksa yang ditunjuk dalam Sentra Gakkumdu nanti harus menjunjung tinggi profesional serta integritas dalam menjalankan tugas.

“Kami juga tegaskan agar jaksa atau pegawai kejaksaan netral dan tidak terlibat politik praktis, oknum yang melanggar akan ditindak tegas,” katanya.

Sedangkan untuk MTQ Nasional yang rencananya akan digelar pada November 2020, Kejati akan mendukung penuh kegiatan tersebut agar terselenggara dengan baik.

“Kejaksaan siap mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan kewenangan kejaksaan, seperti mendampingi penggunaan anggaran melalui fungsi perdata dan Tata Usaha Negara,” tambahnya.

Ia mengatakan melalui pendampingan tersebut diharapkan anggaran yang tersedia bisa digunakan tepat sasaran dan tepat guna.

Pada bagian lain, Kejati Sumbar juga telah menggelar berbagai kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60.

Diantaranya memberikan bantuan bahan makanan pokok kepada masyarakat yang dilakukan serentak se-Indonesia, Lomba karya tulis ilmiah yang diikuti oleh seluruh perwakilan Kejaksaan Negeri yang ada di Sumbar.