Tekno  

Pelantikan Pejabat Fungsional BKKBN Digelar Secara Virtual

bkkbn
BKKBN

HALOPADANG.ID–Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar menggelar pelantikan pejabat fungsional melalui mekanisme penyetaraan inpassing dan pejabat administrasi, Jumat (17/7) secara virtual di Kantor BKKBN Sumbar

Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Etna Estelita mengatakan pelantikan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Bkkbn menggelar pelantikan pejabat fungsional yang dilaksanakan secara serentak se indonesia. Dimana pelantikan ini tujuannya untuk penyederhanaan birokrasi, karena selama ini birokrasi terlalu panjang, meskipun masih tertata dengan baik, namun agar pelaksanaan pekerjaan oleh tenaga profesional lebih fokus lagi,” ungkap Etna.

Lebih lanjut ditambahkannya, dengan penyederhanaan birokrasi tersebut diharapkan dapat mempercepat pelayanan dan ada peningkatan kinerja yang semakin baik lagi dari BKKBN.

“Harapan kami dengan penyederhanaan birokrasi ini tentunya Bkkbn dapat melakukan pelayanan yang lebih cepat, tepat, adaptif dan inovatif serta responsif. Kemudian terjadi peningkatan kinerja yang tentu diringi dengan peningkatan kesejahteraan. Jadi artinya menguntungkan ke jabatan fungsional tersebut,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bkkbn, Hasto Wardoyo mengatakan pelantikan pejabat fungsional sebagai bentuk tindak lanjut arahan Bapak Presiden RI tentang penyederhanaan Birokrasi. Selain itu BKKBN telah mengeluarkan Peraturan Badan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja BKKBN, yang telah mencabut Perka BKKBN Nomor 72/PER/B5/2011.

“Atas dasar arahan dan ketetapan tersebut, sehingga pada hari ini pejabat fungsional yang telah dilantik penempatannya sudah mengikuti aturan hasil transformasi kelembagaan yang baru tersebut,” kata dia.

Pejabat Fungsional yang dilantik hari ini sebanyak 671 orang yang ada di BKKBN pusat maupun yang ada di Perwakilan BKKBN Provinsi seluruh Indonesia.

“Pejabat tersebut terdiri dari Pejabat Ahli Madya sebanyak 149 orang dan Pejabat Fungsional Ahli Muda 522 orang, dengan 19 jenis rumpun jabatan fungsional, selain pejabat fungsional yang dilantik hari ini, masih ada 298 orang/jabatan dalam proses validasi di Kemenpan RB yang nanti akan kami lantik pada tahapan berikutnya,” jelasnya.

Kepada pejabat fungsional maupun struktural yang baru dilantik, ia berharap dapat mengemban tugas secara profesional.

“Saya ucapkan selamat mengemban tugas dengan fungsi-fungsi yang baru dengan profesionalitas yang dimiliki masing-masing. Kami mohon dukungan agar Bkkbn lebih cepat mencapai visi misi mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga yang berkualitas,” tuturnya. (R-01)