DPRD Sumbar Imbau KPU Sosialisasi Lebih Masif

kpu
KPU

HALOPADANG.ID–Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar HM. Nurnas melihat sosialisasi KPU Sumbar mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilkada serentak 2020 yang akan berlangsung 9 Desemeber mendatang masih kurang masif.

Nurnas berpandangan, KPU Sumbar mestinya bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti DPRD, Kominfo, serta OPD lain, dengan mempergunakan Videotron milik lembaga-lembaga tadi.

“Saya melihat sosialisasi secara masif belum nampak dari KPU Provinsi, padahal itu merupakan peluang baik dengan bekerja sama berbagai lembaga mempergunakan videotron, sehingga setiap masyarakat yang lewat bisa melihat imbauan untuk bisa melakukan klik dan coklit,” ulas Nurnas.

Politisi Demokrat ini menambahkan, jika KPU Sumbar tidak melakukan sosialisasi dengan menggandeng semua pihak, diyakini target pemilih 77,50% akan sulit dicapai.

Dia juga mengatakan, bisa melihat bagaimana pendataan BPS yang sudah disosialisasikan melalui media massa, juga kurang mendapat respon dari masyarakat, maka dari itu ia berpendapat perlu ada tambahan upaya lain terkait sosialisasi ini.

“Resiko kedepan sangat riskan, karena jika pendataan tidak akurat maka akan menimbulkan polemik baru, sebab ada saja pemilih yang sudah wafat masih terdata dan pemilih pemula belum terdata, karena sosialisasi tidak sampai pada masyarakat dengan baik,” tegas Nurnas lagi.

Nurnas mencontohkan apa yang dilaksanakan KPU Kota Solok, dimana selain mempergunakan Videotron berbagai OPD, KPU setempat juga mempergunakan mobil berkeliling menyampaikan imbauan agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam pendataan.

“KPU Sumbar jangan ragu untuk menjalani kerja sama dengan semua pihak untuk mempergunakan videotron yang ada, DPRD Sumbar siap untuk mendukung suksesnya pilkada serentak, dan target yang akan dicapai,” tukasnya. (Q-06)