Rizal Ramli: Menteri Jokowi Gemar Buat Skandal dan Salahgunakan Kekuasaan

Ekonom senior, Rizal Ramli

HALOPADANG.ID — Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan Indonesia saat ini sudah masuk ke dalam jurang resesi ekonomi yang disebabkan Pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Lantas, apakah Indonesia bisa keluar dari jurang resesi ekonomi tersebut? Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada Kabinet Jokowi-JK ini mengatakan bisa.

“Kita bisa keluar dari krisis, orang kita pengalaman soal krisis,” katanya Rizal Ramli dalam sebuah diskusi secara virtual, Kamis (16/7/2020).

Namun sayangnya, kata RR, sapaan akrabnya, Presiden Jokowi tidak memiliki anak buah yang berpengalaman untuk membalikkan situasi krisis menjadi peluang.

“Tapi apakah ada menteri yang punya track record membalikkan situasi dan dia balikin jadi positif. Mohon maaf kalau itu nggak ada,” kata mantan Menko Bidang Perekonomian di Masa Pemerintahan Gus Dur.

Justru, kata mantan Menteri Keuangan di masa Pemerintahan Gus Dur, yang terjadi saat ini para anak buah Jokowi gemar membuat skandal dan penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan kelompok maupun pribadinya.

“Yang ada justru menteri sekarang gemar membuat skandal dan penyalahgunaan kekuasaan,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya RR mengemukakan, jika Indonesia sudah masuk dalam tahapan resesi ekonomi. Dia mengemukakan, hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh negatif.

“Kita sudah masuk resesi, pertumbuhan ekonomi sudah negatif, pengangguran meningkat karena banyak PHK,” katanya.

Rizal juga tak menampik bahwa pandemi Virus Corona menjadi biang keladinya, meski kata dia sebelum adanya wabah ekonomi Indonesia sudah bermasalah.

“Sekarang pertanyaannya adakah di pemerintahan Jokowi, ada yang bisa mengembalikan situasi ini (krisis) mohon maaf saya bilang tidak ada,” katanya.