Mantap! Pria Ini Ungkap Berhasil Divaksin Virus Corona Covid-19

Ilustrasi

Seorang lelaki di Maryland, Amerika Seriakat, percaya bahwa ia mungkin salah satu orang pertama yang berhasil divaksinasi terhadap virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya ia berpartisipasi dalam percobaan yang telah melaporkan hasil awal yang menjanjikan dalam memproduksi antibodi, menurut laporan.

David Rach, seorang mahasiswa pascasarjana imunologi, adalah orang pertama yang disuntik dalam percobaan di Universitas Maryland pada bulan Mei. Demikian seperti dilansir dari New York Post.

Kala itu raksasa farmasi AS Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech bekerja sama dalam perlombaan global untuk membuat vaksin, Daily Mail laporan.

Sekarang, indikasi awal menunjukkan vaksin bekerja dengan merangsang pertumbuhan antibodi pada tingkat yang sama atau lebih tinggi bagi mereka yang memiliki penyakit.

“Ada komponen kelegaan melihat bahwa itu benar-benar menghasilkan hasil, bahwa vaksin menghasilkan antibodi,” kata Rach kepada stasiun berita.

Rach tidak yakin dia diberikan vaksin sebenarnya atau larutan salin plasebo, tetapi setelah sedikit reaksi dari dosis keduanya, dia yakin dia adalah satu dari sedikit orang di dunia yang divaksinasi terhadap Covid-19, kata outlet itu.

Dia akan diuji pada Oktober untuk menentukan apakah dia memang memiliki kekebalan terhadap virus.

Jika percobaan terbukti berhasil, Pfizer mengatakan akan memproduksi 100 juta dosis sebelum akhir tahun dan lebih dari satu miliar dosis tahun depan, WJLA melaporkan.