Politikus PDIP Sebut Pemerintahan Jokowi Gagap Hadapi Covid-19

Masinton Pasaribu

HALOPADANG.ID — Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi tidak siap menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

“Saya melihat bahwa pandemi ini membuka kotak pandora semua. Nah ternyata dalam kita mengatasi dan menangani satu situasi yang semua di luar perkiraan kita, seperti pandemi Covid-19 yang jadi persoalan internasional, kita gagap ternyata,” ucap Masinton, Sabtu (4/7).

Menurut Masinton, persoalan pokok kegagapan pemerintah dalam menghadapi Covid-19 yakni karena belum disiapkannya penanganan dalam situasi darurat. Pemerintah, kata Masinton, belum mampu mengimplementasikan manajemen penanganan dalam situasi darurat.

“Saya lihat bahwa persoalan pokoknya kenapa kita gagap adalah karena kita memang belum memiliki formula yang disebut dengan disaster management itu. Kita hanya mengenal kata disaster management, penanganan dalam situasi darurat, tapi implementasinya gagal kita dalam menerapkan itu,” kata dia.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

Oleh karenanya, Masinton menganggap wajar jika Jokowi marah dalam sidang tertutup. Jokowi melihat pembantunya di Kementerian belum bekerja dengan baik menangani pandemi Covid-19.

“Kemarahan itu bagi saya wajar, wajar itu karena semua pemimpin, presiden, sebagai kepala pemerintahan melakukan hal yang sama yaitu mengingatkan para anggota kabinetnya, bukan hanya di Indonesia saya rasa, tapi di berbagai negara melakukan hal yang sama,” kata dia.(002/Merdeka)