Positif Covid-19 Melonjak Pagi Ini, Gugus Tugas Sebut Soal Rumah Makan

HALOPADANG.ID –Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal meresponse lonjakan warga Sumbar yang terkonfirmasi positif pada Rabu (1/7/2020) ini yang mencapai angka 16 pasien. Ia menyebut, pihaknya selalu mengingatkan  agar masyarakat tetap waspada.

Menurutnya, masyarakat saat ini hendaknya tidak menganggap keadaan new normal dengan telah bebasnya beraktivitas, seakan virus corona juga tidak ada lagi. Tetaplah jaga kesehatan serta konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Justru dengan telah kembalinya aktivitas seperti biasa, protokol kesehatan harus bertambah ketat lagi kita lakukan. Tetaplah jaga jarak, pakai masker, hindari kerumunan, jangan ada kontak fisik seperti bersalaman, seringlah cuci tangan, berbelanja kuliner perhatikan penjualnya apakah mematuhi protokol kesehatan atau tidak, terutama makanan yang terbuka dan lain-lain,”kata Jasman dalam rilisnya pada media pagi ini.

Selain itu, pria yang juga mengemban tugas sebagai Kadis Kominfo Pemprov Sumbar  juga mengingatkan  agar penjual makanan yang sifatnya terbuka (rumah makan, kafe-kafe dan lain-lain), menekankan pelayannya  yang bertugas mengambil makanan untuk wajib selalu pakai masker dan tidak bicara di depan makanan tersebut.

“Kita semua berhak untuk menegur dan mengingatkan pelayan dan pemilik rumah makan agar mewajibkan semua karyawannya memakai masker dengan benar. Masih banyak kita perhatikan pelayan makanan memakai masker hanya sampai dagu dan mereka masih berbicara di depan makanan. Ini sangat riskan dan sangat berbahaya bagi orang lain. Sebaiknya mari saling ingatkan demi kesehatan kita semua,”ajaknya. (HP-001)