Baznas Sawahlunto Salurkan Rp423 Juta untuk Mustahiq

baznas
Penyerahan zakat bagi mustahiq di Kecamatan Lbah Segar Kota Sawahlunto. Humas

HALOPADANG.ID– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto salurkan bantuan zakat kepada 406 mustahiq dengan total bantuan mencapai Rp423 juta lebih. Zakat tersebut merupakan penyaluran periode Juni 2020 bagi masyatakat di empat Kecamatan di kota tersebut.

Ketua BAZNAS Sawahlunto, M. Syarief mengatakan, zakat yang disalurkan ini akan digunakan para mustahiq dalam sejumlah kategori, yaitu untuk biaya hidup lanjut usia (lansia), bedah rumah, biaya sekolah atau kuliah dan modal usaha.

“Total zakat disalurkan, di Kecamatan Lembah Segar Rp100.750.000, Barangin Rp97.750.000, Talawi Rp 118.850.000, Silungkang Rp 106.150.000,” katanya.

Sementara, periode Januari – Juni 2020, Baznas telah menyalurkan zakat lebih dari Rp2 miliar. Sementara target tahun ini lanjutnya, Rp3 miliar yang mudah – mudahan dapat terealisasi hingga Desember nanti.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, yang hadir langsung dalam penyerahan zakat itu menyebutkan, dengan bantuan zakat dari BAZNAS sangat meringankan beban masyarakat kurang mampu sesuai dengan yang berhak menerimanya.

“Untuk itu kepada warga yang menerima diharapkan, bisa menjadikan bantuan ini sebagai upaya memperbaiki kualitas ekonomi. Terlebih zakat untuk modal usaha, mudah – mudahan bisa menjadi awal untuk perbaikan ekonomi, syukur – syukur bisa menjadi muzaki atau yang mengeluarkan zakat. Paling tidak bisa keluar dari daftar penerima zakat,” tuturnya.(J-01)