Tak Hanya Sulaman, Kota Pariaman Juga Punya Batik

batik
Kunjunga Wakil Wali Kota Pariaman Mardison ke pembuat batik di Sampan

HALOPADANG.ID–Kota Pariaman tak hanya punya sulaman yang dikenal di Desa Naras, tapi juga punya batik yang ada di Dusun Parit Punggung Lading Kecamatan Pariaman Selatan. Batik tersebut dinamakan batik Sampan sesuai asal daerah tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Pariaman terhadap pengusaha batik tersebut, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin di dampingi Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison mengunjungi pengusaha batik sampan tersebut, Kamis (19/6)

Menurut Mardison, batik Sampan merupakan aset Kota Pariaman yang harus dilestarikan, perlu perhatian serius dari Dinas Perindagkop dan UKM yang membidangi usaha tersebut.

“UKM semacam ini harus dibina, diharapkan batik ini bisa kita promosikan sebagai batik khas Pariaman. Batik ini juga bisa kita jadikan souvenir atau ole-ole bagi wisatawan yang datang ke Kota Pariaman,”ucap Mardison.

Selain itu, menurutnya batik bisa kembangkan juga menjadi pakaian dinas harian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

“Kami berharap seluruh ASN dan masyarakat ikut mendukung mempromosikan kerajinan batik Sampan khas Pariaman ini,”ucapnya.

Sementara itu, Rini Safitri salah seorang pengrajin batik yang merupakan warga Sampan, mengaku sejak mengikuti pelatihan membatik yang di selenggarakan oleh Balai Diklat Industri Padang atas kerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman pada 10 Oktober 2019 lalu selama 18 hari menambah kemahiran dalam membatik.

“Alhamdulillah berkat pelatihan tersebut, kami membuka usaha batik ini meskipun kecil-kecilan. Disamping itu, sejak mengikuti pelatihan tersebut saya jadi tahu bagaimana teknik melukis batik yang baik, cara mencanting hingga memberi warna,”katanya.

Rini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman dibawah Pimpinan Walikota Pariaman Genius-Mardison serta dinas terkait Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman dan Pemerintah Desa Punggung Lading, Kecamatan Pariaman Selatan beserta seluruh warga Punggung Lading yeng telah ikut mempromosikan karya anak Pariaman ini.(R-01/rel)