Bupati Tanah Datar Keluarkan Instruksi Baralek di Masa Kenormalan Baru

baralek
Ilustrasi baralek (foto Shandy Ibrahim)

HALOPADANG.ID–Menyambut tatanan kenormalan baru yang produktif dan aman Covid-19 (New Normal), Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengeluarkan instruksi tentang penyelenggaraan pesta pernikahan atau baralek.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kamis (17/6) di Batusangkar mengatakan, bahwa instruksi dikeluarkan untuk mengatur keberlangsungan kegiatan masyarakat pada sektor sosial dan budaya berupa penyelenggaraan baralek.

“Instruksi bupati ini ditujukan untuk pedoman masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sosial dan budaya, khususnya baralek, mengimbau mendoa baralek serta kegiatan sejenis lainnya sebagai upaya memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” ujarnya.

Lebih lanjut Riswandi memaparkan, instruksi bupati yang ditujukan kepada camat dan wali nagari se- Tanah Datar untuk mengambil langkah-langkah strategis yang harus dilaksanakan dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Ada 12 poin instruksi kepada wali nagari pada istruksi yang dikeluarkan pada 16 Juni itu, diantaranya merekomendasikan izin, memastikan di lokasi pesta ada petugas pengawas penerapan protokol kesehatan, adanya pembersihan dan desinfeksi secara berkala, menyediakan handsanitaizer, dan berbagai protokol kesehatan lainnya sampai pembatasan jumlah tamu dan jarak meja makan, sehingga diharapkan tidak terjadi penyebaran Covid-19,” katanya.

Tidak itu saja, tambah Riswandi, penanggungjawab penyelenggaraan pesta pernikahan mewajibkan keluarga, tamu atau undangan yang berkunjung pada pesta pernikahan hadir sesuai ketentuan protokol kesehatan.

“Disamping tidak dalam sakit demam, keluarga ataupun tamu harus menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, membiasakan salam sambah, jaga jarak dan sebisa mungkin tidak mengajak anak-anak atau orang tua ke lokasi pesta karena resiko terinfeksi Covid-19 lebih tinggi,” katanya.

Ia berharap agar pandemi Covid-19 cepat berlalu dan masyarakat bisa hidup seperti biasa.

“Tentu dengan penerapan kenormalan baru dan perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Datar, kita berharap pandemi segera berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti sedia kala,” katanya. (E-01)