Sempat Tertunda, MTQ Nasional Digelar pada 21 November di Sumbar

mtq
saat rapat terkait penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII di ruang kerjanya, Senin (15/6).

HALOPADANG.ID–Setelah sempat mengalami penundaan akibat penyebaran Covid-19, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVIII di Sumatera Barat akan segera terlaksana. Direncanakan, MTQ Nasional kedua yang pernah digelar di Sumbar itu akan digelar pada 21-28 November mendatang.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyatakan, pihaknya akan segera menyampaikan hasil keputusan tersebut kepada Menteri Agama, Jend. Purn. Fachrul Razi di Jakarta untuk segera ditindaklanjuti.

“Melihat situasi saat ini, di mana masih daerah di Indonesia masih berkutat dengan Covid-19, maka kami memutuskan untuk mengggelar MTQ Nasional XXVIII pada 21-28 November mendatang,” ujarnya saat rapat terkait penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII di ruang kerjanya, Senin (15/6).

Penundaan itu dimaksudkan agar pemerintah provinsi di Indonesia lebih fokus menghadapi penangangan Covid-19, termasuk Sumbar. Akan tetapi, persiapan juga tetap dilakukan bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama, LPTQ dan lembaga terkait lainnya.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXVIII telah diputuskan oleh Gubernur Sumatera Barat. “Kesiapan secara teknis telah kita rapatkan sebelumnya, dan Gubernur berharap persiapan lain yang tidak terganggu oleh wabah Covid-19 tetap dilaksanakan.

Adapun persiapan yang telah dilakukan sejauh di antaranya yang berkaitan dengan sarana dan prasarana serta pembinaan qori dan qoriah yang akan mengikuti MTQ.

Ia juga menjelaskan, bahwa sebelumnya Pemprov Sumbar juga telah menyarankan pembukaan MTQ Nasional XXVIII digelar pada akhir November.

“Semua ini tergantung keputusan pusat. Apabila disetujui, kami akan langsung mempersiapkan segalanya. Untuk itu, saya mengingatkan semua OPD untuk mempersiapkan alokasi anggaran pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga iven ini dapat segera terlaksana,” tuturnya. (Q-04)