Ribuan Warga Pasaman Ikut Pool Test Swab untuk Antisipasi Penyebaran Corona

Petugas medis sedang melakukan proses tes Swab di Pasaman

HALOPADANG.ID — Ribuan warga di Kabupaten Pasaman, menjalani pemeriksaan pool test swab massal secara gratis. Upaya ini untuk mencegah virus korona (Covid-19) kembali merebak di Kabupaten Pasaman.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr Rahadian Suryanta Lubis mengatakan, tes swab terhadap ribuan warga di daerah itu sudah rampung dilaksanakan. Namun, masih ada yang harus diulang karena belum penuh kuota sample.

“Tapi ada dibeberapa puskesmas yang diulang. Itu karena belum penuh kuota sample, yakni sebanyak 1.493 orang. Tes swab ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujar dr Rahadian, Senin (15/6/2020).

Dikatakan, pelaksanaan tes swab dimulai pertama kali di Puskesmas Simpati. Disana, ada 73 orang warga yang diambil sample cairan hidung dan kerongkongannya oleh petugas medis untuk diperiksa di laboratorium Covid-19 di Padang.
Pemeriksaan tes swab kepada 1.493 orang warga ini untuk mengetahui jumlah insiden Covid-19. Pelaksanaan pemeriksaannya dilakukan secara random dengan kajian epidemiologi yang dihitung oleh pakar epidemiologi.

“Perhitungan pakar epidemiologi dari 311.000 lebih masyarakat Kabupaten Pasaman didapatlah sampel sebanyak 1.493 orang yang akan dilakukan pemeriksaan pool tes Swab. Sampel ini tersebar di 12 Kecamatan dan 37 Nagari se-Pasaman,” ungkapnya.

Adapun kriteria masyarakat yang dijadikan sampel untuk tes Swab seperti bersedia diperiksa, laki-laki dan perempuan, berusia diatas 20 tahun, serta orang dengan mobilitas tinggi,

Pelaksanaan pemeriksaan pool tes swab ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya infeksi Covid-19.

“Semua sampel nantinya akan dikirim ke Laboratorium Unand Padang untuk mengetahui hasilnya. Sementara sumber dana pelaksanaan pool tes Swab ini dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Dinkes Pasaman,” katanya.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat di Pasaman, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan new normal ini. Agar terhindar dari infeksi Covid-19.

“Jaga jarak aman, tetap pakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, sering cuci tangan,” ujarnya.(002)