Kenormalan Baru, Gubernur Sumbar Resmikan Pembukaan Wisata Sawahlunto

sawahlunto
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, saat meninjau destinasi wisata Sawahlunto, salah satunya museum gudang ransun, yang saat ini menerapkan standar kesehatan. Humas

HALOPADANG.ID–Seluruh destinasi wisata di Kota Sawahlunto telah dibuka kembali dengan ketentuan wajib mengikuti standar protokol kesehatan yang berlaku, kecuali destinasi wisata air waterboom belum dibuka.

Meninjau langsung situasi penerapan tatanan kenormalan baru produktif dan aman dari Covid-19 di destinasi wisata tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi Museum Goedang Ransoem dan kawasan wisata Kandi, Minggu (14/6).

Gubernur Irwan Prayitno menyebutkan, protokol kesehatan pencegahan Covid – 19 yang diberlakukan tersebut jangan sampai lalai dijalankan. Ia menilai, protokol kesehatan tersebut yang menjadi kunci agar aktifnya kembali destinasi wisata dapat terlindungi aman dari Covid – 19.

“Jangan sampai lengah, ancaman Corona masih ada.Tamengnya, yaitu kita ikuti protokol kesehatan ini Apalagi di destinasi wisata, pasti ada keramaian, ada arus orang keluar masuk dari bermacam daerah. Untuk itu kita harus taat, patuh, dan juga senantiasa menjaga kesehatan diri,”katanya.

Selain itu sebut, Irwan, pengelola destinasi pariwisata juga dituntut untuk kreatif dalam merancang inovasi agar destinasi semakin menarik pengunjung, namun tetap aman dari Covid – 19. Kenyamanan pengunjung, kata Irwan adalah prioritas pengelola, namun keamanan dan kesehatan pengunjung jauh lebih penting.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, mengatakan, sejak dibuka kembali sudah mulai ada pengunjung yang berdatangan ke objek wisata di Sawahlunto.

“Meski memang belum seramai dulu. Pastinya semua destinasi kita terapkan standar protokol kesehatan yang berlaku. Seperti yang baru saja ditinjau pak Gubernur ini, ada aturan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan kontak fisik,”ujarnya.(T-01)